Terpilih Sebagai Perdana Menteri Inggris, Liz Truss Tuai Reaksi Pedas dari Rusia
Menlu Inggris Liz Truss bersama Menlu Rusia Sergei Lavrov. (Twitter/@trussliz)

Bagikan:

JAKARTA - Politisi dan media Rusia melontarkan sindiran dan kritik terkait terpilihnya Perdana Menteri Inggris yang baru, memperkirakan tidak akan memperbaiki hubungan kedua negara.

Dalam beberapa jam setelah memenangi pemilihan untuk memimpin partai Konservatif yang berkuasa, Truss menjadi sasaran perbandingan yang tidak menarik dengan panutannya Margaret Thatcher, dan peringatan bahwa dia akan berjuang untuk mengatasi krisis energi yang membayangi.

Anggota parlemen nasionalis Leonid Slutsky mengatakan, dia mungkin harus memberi tahu warga Inggris untuk 'mematikan lampu' ketika tagihan energi melonjak.

"Bukan Rusia dan presidennya yang harus disalahkan di sini, tetapi kebijakan sanksi yang tidak bijaksana dari Downing Street," tulisnya di Telegram, melansir Reuters 6 September.

Sementara, Konstantin Kosachev, seorang anggota majelis tinggi parlemen, mengatakan Truss mencoba untuk 'menggantikan' 'Wanita Besi' Thatcher, tetapi "belum terlihat bahwa perdana menteri baru memiliki argumen yang cukup kuat untuk penduduk".

Adapun tabloid populer Komsomolskaya Pravda mengingatkan para pembacanya, tentang kesalahan yang dilakukan Truss dalam perjalanan ke Moskow pada Februari sebagai menteri luar negeri.

Dikatakan bahwa, dibandingkan dengan dia, Perdana Menteri Boris Johnson "tampak seperti pemikiran yang sangat besar".

Truss telah menjadi sasaran komentar pedas dari Moskow sejak dia berkunjung, sebagai bagian dari upaya sia-sia oleh politisi Barat untuk mencegah invasi Rusia ke Ukraina.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengeluh pada saat itu, bahwa fakta-fakta "memantulkan" dirinya.

Kemudian sebuah surat kabar Rusia melaporkan, dia secara tidak sengaja mengatakan kepada Lavrov bahwa Inggris tidak akan pernah mengakui kedaulatan Moskow atas dua kota Rusia, Rostov dan Voronezh, dan perlu dikoreksi oleh duta besarnya.

Kremlin mengatakan ini menunjukkan pemahaman yang buruk para pemimpin Barat tentang realitas geopolitik, tetapi Inggris mengatakan Truss hanya salah mendengar pertanyaan dari Lavrov.

Tatiana Stanovaya, pendiri firma analisis politik R.Politik, mengatakan insiden itu telah membantu membentuk sikap Rusia.

"Truss bagi Kremlin tampaknya merupakan perwakilan dari generasi baru politisi Barat yang dangkal ini," katanya. "Mereka sangat senang ketika dia melakukan kesalahan ini. Itu adalah hadiah untuk digunakan secara instan melawannya."

Beberapa hari sebelum kesalahan itu, Truss telah mengacaukan Laut Hitam dan Baltik, memungkinkan juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova untuk mengeluh tentang "kebodohan dan ketidaktahuan politisi Anglo-Saxon".

Berbicara pada Hari Senin sesaat sebelum berita kemenangan Truss, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, hubungan dengan London mungkin memburuk lebih lanjut, meskipun "sulit untuk membayangkan sesuatu yang lebih buruk".

Analis politik mengharapkan Truss untuk mempertahankan sikap Inggris sebagai salah satu pendukung Ukraina yang paling aktif dan vokal, memasoknya dengan senjata dan pelatihan.

'Permusuhan' dengan Rusia mungkin terbukti berguna, saat ia berusaha membuktikan kredensialnya sebagai pemimpin kuat yang menghadapi Moskow.

Terlepas dari kesalahannya selama kunjungan pada Bulan Februari, dia menunjukkan dirinya mampu melawan Lavrov yang jauh lebih berpengalaman, dengan secara terbuka menantang pernyataannya mengenai Rusia tidak mengancam siapa pun dengan pembangunan militer yang luas di perbatasan dengan Ukraina. Dua minggu kemudian, Rusia menginvasi Ukraina.