Legislator Top China hingga Pemimpin Militer Myanmar Bakal Hadiri Forum Ekonomi yang Digelar Rusia Pekan Ini
Ilustrasi Kremlin. (Wikimedia Commons/Минеева Ю)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pejabat tinggi perwakilan negara sahabat akan menghadiri pertemuan ketujuh Forum Ekonomi Timur (EEF) yang digelar di Vladivostok, Rusia pekan ini.

Dikutip dari TASS 5 September, layanan pers Kremlin pada Hari Minggu menyebut para pejabat akan ambil bagian dalam sesi pleno bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin 7 pada September.

"Bersama dengan Presiden Rusia, Ketua Dewan Administrasi Negara dan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing, Perdana Menteri Republik Armenia Nikol Pashinyan, Perdana Menteri Mongolia Luvsannamsrayn Oyun-Erdene dan Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional Li Zhanshu akan hadir," sebut pesan layanan pers.

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengadakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin asing yang diundang di sela-sela EEF pada 7 September, lanjut layanan pers Kremlin.

"Pertemuan bilateral antara Vladimir Putin dan para pemimpin asing yang diundang ke EEF-2022 dijadwalkan sepanjang hari. Para pemimpin berencana untuk bertukar pandangan tentang isu-isu topikal dari agenda bilateral dan regional," sebut pernyataan itu.

Terpisah, kantor berita resmi Xinhua melaporkan legislator top China Li Zhanshu akan menghadiri EEF, menjadi pejabat China paling senior yang mengunjungi Rusia sejak perang Ukraina dimulai, seperti mengutip Reuters.

Li, ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional, akan melakukan kunjungan resmi ke Rusia, Mongolia, Nepal, dan Korea Selatan mulai Rabu hingga 17 September, menurut Xinhua. Dia akan menghadiri forum empat hari, yang akan dimulai pada Senin, selama dia tinggal di Rusia, katanya.