Jadi 'Langganan' Banjir Saat Musim Hujan, Kota Gorontalo Bangun Kanal Lagi
Pembangunan kanal di Kota Gorontalo oleh Pemprov Gorontalo. (ANTARA/HO-PUPR)

Bagikan:

GORONTALO - Pemerintah Provinsi (Pemrov) Gorontalo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan membangun sejumlah kanal di Kota Gorontalo.

Kepala Bidang Sumber Daya Air PUPR Provinsi Gorontalo Romen S Lantu, mengatakan pembangunan beberapa kanal tersebut bertujuan untuk menopang Kanal Tanggidaa dalam penanggulangan banjir dan genangan air di Kota Gorontalo.

"Tujuan kami membangun kanal banjir agar menjadi sarana pembuangan air dari beberapa saluran di dalam kota. Ke depannya dapat ditambah dengan Kanal Tanggikiki, Kanal Serdadu dan lainnya," kata Romen di Gorontalo, dikutip dari Antara, Jumat 2 September.

Ia menjelaskan pembangunan kanal banjir Tanggidaa akan menjadi salah satu contoh dalam mengatasi banjir di Kota Gorontalo, yang sering melanda wilayah itu saat musim hujan.

"Karena sudah mendesak, maka pembangunan Kanal Banjir Tanggidaa ini merupakan salah satu prioritas utama untuk menjadi pembuangan genangan air dan banjir di Kota Gorontalo,” katanya.

Menurutnya, jika badan jalan terus menerus digenangi air hujan dan air buangan dari saluran pemukiman masyarakat makan akan cepat mengalami kerusakan.

"Contohnya di Jalan H.B Jasin, hujan turun dua atau tiga jam saja pasti akan menggenangi badan jalan. Selain menggangu arus lalu lintas, ini juga dapat merusak badan jalan. Di titik-titik itu salurannya ada tapi tempat pembuangannya yang jadi masalah,” katanya.

Ia berharap rencana pemprov tersebut mendapat dukungan anggaran dari pemerintah pusat dan masyarakat Provinsi Gorontalo.

"Kalau pembangunan kanal-kanal ini bisa terwujud, apa yang menjadi impian masyarakat yaitu Kota Gorontalo bebas dari banjir dan genangan air bisa terwujud,” tandasnya.