DPR Gelar Event Olahraga Sepeda dan Lari Akhir Pekan Ini untuk Sosialisasi P20
Photo by Dino Januarsa on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - DPR akan menggelar event olahraga bersepeda dan lari akhir pekan ini. P20 Friendship Ride and Fun DPR diselenggarakan untuk menggenjot sosialisasi pelaksanaan Parliamentary Speakers' Summit (P20) yang digelar dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"DPR RI sebagai lembaga legislatif ikut berperan dalam menyukseskan Presidensi Indonesia di G20 melalui P20. Penyelenggaraan P20 yang merupakan forum ketua parlemen negara-negara G20 akan menjadi momentum dalam memperkuat kolaborasi untuk menghadapi tantangan global pada masa yang akan datang," kata Ketua DPR Puan Maharani, Jumat 2 September.

Pertemuan P20 dengan tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’ pun sejalan dengan tema Presidensi G20 yaitu ‘Recover Together, Recover Stronger’. Puan menyebut, P20 akan membahas empat isu prioritas yakni soal akselerasi pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, ketahanan pangan dan energi serta tantangan ekonomi, kemudian mengenai parlemen yang efektif dan demokrasi dinamis, hingga soal inklusi sosial, kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan.

“Keempat tema bahasan tersebut sangat relevan dalam rangka pemulihan global pasca Pandemi Covid-19. Termasuk dalam menghadapi berbagai permasalahan aktual global yang dihadapi saat ini,” lanjut Puan.

DPR akan memberikan perhatian dan fokus pada isu ketahanan pangan yang menjadi bagian dari isu pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau. Hal ini mengingat dampak perubahan iklim sudah terasa saat ini mulai dari suhu yang terus meningkat, bencana alam, munculnya berbagai penyakit, juga gagal panen di sejumlah wilayah.

"Hal ini tidak bisa dibiarkan. Parlemen negara-negara G20 harus mendorong kebijakan pemerintah di negaranya masing-masing untuk bisa menerapkan pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau demi kelangsungan kehidupan manusia di bumi ini," tutur Puan.

“Kegiatan yang ramah lingkungan, seperti olahraga bersepeda dan lari menjadi salah satu gerakan nyata dalam berpartisipasi menjaga lingkungan agar tetap lestari. Kendaraan yang bebas polusi dan ramah lingkungan menjadi alternatif upaya penyelamatan lingkungan,” sambung mantan Menko PMK itu.

Sebagai tuan rumah, DPR berharap dapat menyukseskan perhelatan P20 yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2022. Hal tersebut tentunya membutuhkan dukungan dan partisipasi dari rakyat.

“DPR mengharapkan dukungan dari masyarakat mengingat P20 menjadi ajang internasional bergengsi yang akan mengharumkan nama Indonesia,” ungkap Puan.

Kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR, Indra Iskandar, P20 Friendship Ride and Fun digelar Minggu 4 September mendatang. Garis start dan finish berada di Kompleks Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

“P20 Friendship Ride and Fun DPR digelar untuk memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat,” ujar Indra.

Indra mengatakan, event bersepeda dan lari sesuai dengan isu lingkungan yang akan dibahas dalam P20. Apalagi olahraga sepeda dan lari juga telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.

"Setelah lebih dari 2 tahun terjebak dalam situasi pandemi COVID-19, acara ini diharapkan bisa menjadi momen yang menyenangkan bagi para peserta dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” sebutnya.

Kegiatan P20 Friendship Ride and Fun DPR mengangkat tema Nusantara.

“Dengan tema Nusantara, DPR berharap dapat memperkenalkan Indonesia di mata dunia internasional,” tutup Indra.