Pria di Riau Ditangkap Polisi Gara-gara Pungli Rp16 Juta Lebih ke Orang Tua Murid, Dinas Pendidikan Membantah Pelaku Pegawainya
Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdik Riau Yusri Rasul saat diwawancarai wartawan. (ANTARA)

Bagikan:

RIAU - Kepala Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan Provinsi Riau Yusri Rasul membantah keterlibatan oknum pegawai di dinasnya yang meminta sejumlah uang kepada orang tua calon siswa agar bisa diterima di SMK Negeri 4 Pekanbaru. 

Hal ini disampiakan menyusul penangkapan yang dilakukan Satreskrim Polsek Tampan menangkap pria berinisial SA (57) terkait dugaan pungli. Yusri menyebut tidak ada pegawainya yang berinisial SA.

"Kami telah mendapatkan laporan langsung sekitar dua hari lalu. Tapi kami pastikan tak ada keterlibatan Disdik dalam pungli (pungutan liar) dan calo tersebut," ujarnya dilansir dari Antara, Kamis, 1 September. 

Namun, ia tak membantah pihaknya memberikan memo dan rekomendasi kepada sekolah terkait adanya calon murid agar bisa diterima di sekolah tertentu tetapi tidak ada uang ataupun pungutan yang diambil.

"Kami tak membantah adanya memo yang ditujukan kepada Kepala Sekolah untuk memasukkan siswa. Namun, bunyinya, 'Mohon bantu sesuai ketentuan, mohon bantu jika memungkinkan'. Kami tak menetapkan maupun menerima sejumlah uang atas rekomendasi tersebut," kata Yusril.

Menurutnya, hal inilah yang dimanfaatkan oleh segelintir oknum dan mengambil keuntungan dari orang tua murid sehingga ia tak terima bila Disdik dikatakan terlibat.

"Disdik berkomitmen sejak awal, bahwa apapun bentuknya, kami tak ingin adanya pungli. Apabila ditemukan bukti adanya oknum Disdik yang melakukan pungli, tentu akan diterapkan kode etik teguran lisan hingga tertulis," ucapnya.

Sebelumnya seorang pria paruh baya berinisial SA (57) dibekuk Satreskrim Polsek Tampan setelah menipu orang tua yang akan memasukkan anaknya sebagai calon murid di SMK Negeri 4 Pekanbaru. 

Berdasarkan pengakuan SA, ia telah menerima uang senilai Rp16,850 juta dari orang tua calon siswa. Namun, setelah uang disetorkan, anak-anak mereka tidak kunjung diterima di SMKN 4 Pekanbaru dan hanya diberikan janji oleh pelaku.

Berdasarkan pengakuan pelaku, ia mencari orang tua yang hendak memasukkan anaknya di SMK 4 Pekanbaru karena disuruh oleh seseorang bernama AJ yang merupakan pegawai di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.