Tokoh Kunci Kampanye Viral 'Ice Bucket Challenge', Patrick Quinn Meninggal di Usia 37 Tahun
Patrick Quinn (Instagram/@_quinn4thewin_)

Bagikan:

JAKARTA - Patrick Quinn, salah satu tokoh kunci dalam kampanye penggalangan dana "ice bucket challenge" meninggal dunia. Patrick Quinn meninggal di usia 37 tahun.

Patrick Quinn didiagnosis dengan penyakit neurologis, amyotrophi lateral sclerosis pada 2013. Dokter berkata penyakit itu tidak dapat disembuhkan.

Ia meninggal pada Minggu pagi, 22 November. Para pendukung menulis pesan-pesan yang menggambarkan kebesaran Patrick Quinn bagi mereka.

"Dia adalah berkat bagi kami semua dalam banyak hal," kata seorang pendukung, dikutip dari BBC, Senin, 23 November.

Ice bucket challenge tidak dimulai dengan Patrick Quinn. Namun, ia dan keluarga, serta teman-temannya jadi salah satu yang mendorong fenomena ini menyebar di media sosial global pada musim panas 2014.

Menurut penelitian ALS, kampanye viral telah mengumpulkan 220 juta dolar AS. Ice bucket challenge adalah sebuah tantangan di mana orang-orang akan menyiram seember air dingin berisi es ke atas kepala mereka.

Para partisan aksi biasanya akan mengunggah video ke media sosial dan menantang orang lain untuk melakukan hal sama atau memberi sumbangan untuk penelitian ALS. Seringkali orang melakukan keduanya.

Tantangan tersebut menarik pesohor dunia, muai dari mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush, Oprah Winfrey, Lady Gaga, serta Presiden Donald Trump.