Wali Kota Los Angeles Komentari Pemindahan Ibu Kota: Jakarta Tetap Jadi Kota Luar Biasa di Dunia
Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti di Balai Kota DKI Jakarta/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti turut berkomentar soal rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara, Kalimatan Timur.

Hal ini diungkapkan Eric saat menghadiri rangkaian konferensi tingkat tinggi (KTT) Urban 20 (U20) Mayors Summit di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

Eric menilai, meskipun tak lagi berstatus Ibu Kota, kemajuan pembangunan yang terjadi di Jakarta akan tetap terpampang. Ia pun memprediksi Jakarta tetap menjadi salah satu kota hebat di dunia.

"Apapun status yang dipunyai, Jakarta bakal selalu jadi salah satu kota terhebat di dunia. Jakarta selalu memiliki jiwaya," kata Eric kepada wartawan, Rabu, 31 Agustus.

Menurutnya, kondisi Jakarta mirip dengan Los Angeles, Amerika Serikat. Ia bilang, Jakarta merupakan pusat kreativitas dan tempat berwirausaha. Karenanya, selepas menanggalkan status Ibu Kota, Eric menuturkan Jakarta perlu untuk mempertahankan potensi sumber daya manusianya.

"Kalau saya boleh bilang, (Jakarta) lebih baik fokus di kreatifitas, pemudanya, ke orang-orang yang terlupakan, ke orang-orang minoritas, dan mengangkatnya. Saya pikir, visi itu yang dilihat oleh Pak Anies," ucap dia.

Pandangan ini dikemukakan Eric setelah dirinya meninjau sejumlah moda transportasi umum seperti MRT Jakarta, serta ruang publik yang berada di sekitarnya di sela sesi forulm U20.

"Jakarta telah menyentuh hati saya, dan ini momen yang sangat berharga bagi saya untuk melihat masa depan. Ambisi tinggi untuk mendapatkan apa yang kami butuhkan sekarang," imbuhnya.