Bareng 100 Santri, Wapres Tanam Kecambah Kelapa Sawit Unggul di Riau
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin bersama Gubernur Riau Syamsuar mengunjungi Pondok Pesantren Teknologi Riau, di Jalan Lintas Sumatera, Kacamatan Siak Hulu, Kampar, Kamis (25/8/2022). ANTARA/HO-Diskominfotik Riau.

Bagikan:

PEKANBARU - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menanam kecambah kelapa sawit hibrid berkualitas unggul bersama 100 santri Pondok Pesantren Teknologi Riau di Jalan Lintas Sumatera, Kacamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

"Hari ini saya bersyukur menyaksikan penanaman sawit dari kalangan anak-anak santri sekaligus saya memperoleh berbagai informasi pengembangan sawit dan penemuan bibit unggul," kata Wapres Ma'ruf Amin didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan pejabat lainnya dilansir ANTARA, Kamis, 25 Agustus.

Wapres Ma'ruf Amin merasa bangga atas kolaborasi yang dilakukan dalam menyukseskan program santripreneur berbasis kelapa sawit oleh Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), pemerintah daerah dan perusahaan kelapa sawit.

Ma'ruf Amin juga berharap pondok pesantren bukan hanya sebagai pusat pendidikan Islam, namun juga bisa menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat di Indonesia, terkait sektor keuangan maupun sektor riil dan juga sektor produksi.

"Ini satu kolaborasi yang menurut saya sangat bagus sekali dan melibatkan santri," kata Wapres.

Selain untuk meninjau kegiatan santripreneur berbasis sawit, Wapres juga menyaksikan penyerahan bibit oleh Gubernur Riau kepada kelompok tani dari Papua Barat, Kalimantan Barat dan Provinsi Riau.

Wapres Ma'ruf Amin beserta rombongan juga melihat teknologi minyak makan merah (M3) yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit dan DPP Apkasindo bersama beberapa perusahaan kelapa sawit.

Setelah meninjau kegiatan santripreneur berbasis sawit di Ponpes Teknologi Riau, Wapres didampingi Gubernur Riau bertolak menuju Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Nurjaddin dengan berkendaraan mobil. Selanjutnya, Wapres dan rombongan menuju Jakarta dilepas oleh Gubernur Riau dan Forkopimda Riau.