Survei RTK di Pilkada Medan: Elektabilitas Akhyar Nasution-Salman 53,1 Persen, Bobby Nasution-Aulia 37,3 Persen
Poster dua paslon di Pilkada Medan (DOK. KPU Medan)

Bagikan:

JAKARTA - Hasil survei Roda Tiga Konsultan (RTK) menunjukkan keunggulan pasangan calon nomor urut 1 di Pilkada Medan, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dari paslon nomor urut 2 Bobby Nasution-Aulia Rachman.

Survei RTK digelar pada 8-11 November dengan melibatkan 810 responden yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Medan secara proporsional. Margin of error sekitar 3,53 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Riset RTK Muh. Taufiq Arif dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, survei cepat ini meminta responden untuk melakukan simulasi pencoblosan surat suara spesimen.

Hal ini bertujuan untuk melihat preferensi pemilih terhadap kedua pasangan calon wali kota-wakil wali kota Medan.

“Pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi meraih nilai elektoral 53,1 persen, sedangkan pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman, meraih elektoral 37,3 persen. Sisanya menolak melakukan simulasi 9,6 persen,” kata Taufiq, Jumat, 20 November.

Selain melakukan simulasi surat suara, dalam survei juga ditanyakan langsung kepada responden, “jika Pemilihan dilaksanakan pada hari ini siapa yang akan dipilih dalam Pilkada Medan?”. 

Hasilnya tidak begitu berbeda dengan hasil simulasi pasangan nomor urut satu, Akhyar-Salman meraih nilai elektoral yang konsisten dengan hasil simulasi 53,1 persen. Sedangkan untuk pasangan nomor urut dua, Bobby-Aulia meraih nilai elektoral 37,9 persen, terpaut gap 15,2 persen dengan pasangan nomor urut satu. Sisanya menjawab rahasia 7,3 persen dan tidak tahu/tidak menjawab 1,7 persen,” papar Taufiq.

Survei RTK juga mengukur strong voters kedua paslon di Pilkada Medan. Dari nilai elektoral, pasangan nomor urut satu, Akhyar-Salman 53,1 persen, sebanyak 51,5 persen di antaranya mengatakan yakin atas pilihannya tersebut. Sisanya 1,6 persen mengatakan belum yakin atau masih ragu dengan pilihannya. 

Sedangkan pasangan nomor urut nomor dua, Bobby-Aulia dari nilai elektoral 37,9 persen, sebanyak 35,8 persen menyatakan sudah yakin dengan pilihannya. Sisanya 2,1 persen masih ragu atau belum yakin dengan pilihannya tersebut.