Pabrik Kimia di Cilincing Terbakar, Warga Sempat Dengar Ledakan Dua Kali
Kebakaran di pabrik kimia Cilincing Jakut/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Pabrik kimia di Jalan Raya Cakung Cilincing, Jakarta Utara terbakar. Dalam peristiwa itu warga mendengar bunyi ledakan sebanyak dua kali.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan pihaknya menerima laporan warga pada Selasa, 23 Agustus, pukul 12.37 WIB.

Kejadian bermula saat warga melihat asap dari pabrik tersebut, kemudian mereka melaporkan kepada Damkar Jakarta Utara.

"Awalnya warga lihat ada asap, ada ledakan. Dua kali ledakan ada asap hitam. Mereka Langsung lapor," kata Gunawan, Selasa, 23 Agustus.

Gunawan menduga api itu berasal tungku pencampur bahan kimia di pabrik tersebut. Pasalnya saat tiba di lokasi, petugas melihat bekas tungku yang terbakar.

"Dugaan sementara seperti itu (tungku pencampur bahan kimia). Karena kita lihat sendiri juga. Ada 4 tungku, yang satu tungku bekas terbakar. Yang 3 masih bagus, jadi dugaan seperti itu. Tapi lengkapnya ke kepolisian," katanya.

Sebanyak 26 unit pemadaman kebakaran diterjunkan, guna memadamkan api tersebut. Hasilnya api dapat dikendalikan pukul 14.26 WIB.

"Padamnya cepat, setengah 3 sudah padam. Cuma pas setengah 3 sampai setengah lima pendinginan," ucapnya.

Ia mengaku tidak mengetahui jumlah kerugian akibat insiden kebakaran tersebut. Namun, Gunawan memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

"Kerugian masih belum bisa ditaksir. Korban jiwa dipastikan tidak ada," tutupnya