Komunitas Civil Society Indonesia Ungkap, Cita-cita Brigadir J Menjadi Perwira dan Menikah Setelah Wisuda
Keluarga Brigadir J di Universitas Terbuka/ Foto: IST

Bagikan:

TANGERANG - Acara wisuda Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J berlangsung di Universitas Terbuka (UT), Tangerang Selatan. Keluarga almarhum turut hadir dalam acara ini, salah satunya ayahnya Brigadir J, Samuel Hutabarat.

Ketua Komunitas Civil Society Indonesia Irma Hutabarat mengatakan ada beberapa keluarga dari Jambi menemani ayah brigadir J untuk menghadiri wisuda ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo itu. Adapun yang datang Nyonya Hutabarat dan Opung Hutabarat

"Jadi kita yah bahagia dan bercampur sedih juga, semoga urusan ini lekas selesai. Memang cita-citanya Joshua itu untuk menjadi perwira supaya bisa menikah setelah di wisuda sebetulnya," kata Irma kepada wartawan di UT, Tangerang Selatan, Selasa, 22 Agustus.

"Jadi memang wisuda ini sebagai patokan, nanti saya akan menikah kalau sudah wisuda dan jadi perwira," sambungnya.

Irma menjelaskan, alasan ibunda dari Brigadir J, Rosti Simanjuntak tidak hadir dalam wisuda anaknya dikarenakan kondisi tubuhnya yang belum fit atau masih sakit.

"Ibu Rosti Simanjuntak karena memang masih belum kuat badannya. Saya pikir juga terlalu sedih, terlalu sakit hatinya untuk melihat cita-cita anaknya tercapai, tetapi anaknya sudah meninggal dunia," katanya.

Dalam kesempatan itu, Irma menyambut baik perlakuan UT pada keluarga mendiang, karena tidak hanya memberikan penghargaan tetapi juga memberikan akomodasi bagi keluarga untuk ke Jakarta.

"Yosua ini anak pandai, karena IPK nya di atas tiga dan selesai tepat waktu, diantara banyaknya kesibukannya sebagai ajudan," imbuh dia.

Ia juga mengungkapkan bahwa penghargaan Brigadir J ini merupakan contoh bahwa pendidikan itu harus dicari sampai setinggi-tingginya.

"Saya juga mengharapkan supaya ini jadi inspirasi ya bagi banyak orang-orang lain seluruh Indonesia bersekolah setinggi-tingginya," tutupnya.

Diketahui, Brigadir J semasa hidupnya merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), UPBJJ-UT Jambi yang terdaftar sejak tahun 2015. Sementara, ibunda mendiang adalah alumni UT dan adiknya juga mahasiswa UT.

Terkait