Anggarkan Rp25 Miliar, Kemenhub Bangun Kapal Ro-Ro Lintas Banyuasin
Galangan kapal PT. Mariana Bahagia (dok. Humas Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (kemenhub) menggelontorkan dana sebesar Rp25 milliar, guna membangun Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 150 GT Lintas Sri Menanti – Karang Baru, di Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan. 

Melalui mekanisme kontrak tahun jamak (multy years contract) pembangunan kapal ini akan dikerjakan di Galangan PT. Mariana Bahagia, selama 15 bulan dan akan selesai pada 2021 mendatang. 

"Dengan adanya pembangunan kapal penyeberangan ini diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung yang dapat memberikan aksesibilitas bagi distribusi orang, kendaraan dan barang di Provinsi Sumatera Selatan, khususnya pada Kabupaten Banyuasin," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Imran Rasyid, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 19 November.

Lebih lanjut lagi, kapal penyeberangan ini mampu menampung kapasitas penumpang sebanyak 120 orang dan ABK sebanyak 8 orang. 

Adapun spesifikasi kapal ini yaitu panjang seluruh 32.745 meter, lebar 10.500 meter, tinggi 3.100 meter dengan kecepatan dinas 9 knot.

Imran berharap, PT. Mariana Bahagia dapat memaksimalkan SDM dan fasilitas yang ada sehingga dapat menyelesaikan pelaksanaan pembangunan tepat waktu. 

"Berdasarkan dari laporan KPA, kontrak untuk Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 150 GT ini akan berakhir pada 13 November 2021 mendatang," imbuhnya.