2.065 Pendaki Upacara Bendera di Gunung Bawakaraeng Sulsel
Suasana persiapan upacara bendera merah putih memperingati HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 di puncak Gunung Bawakareng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (17/8/2022). ANTARA/HO/Dokumentasi Basarnas Sulsel.

Bagikan:

MAKASSAR - Sebanyak 2.065 orang pendaki dari berbagai organisasi kampus pencinta alam, komunitas maupun kelompok pencinta alam (KPA) di Sulawesi Selatan mengikuti upacara bendera HUT RI ke-77 di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Data Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulsel di Pos Siaga Merah Putih Lembbana pada Rabu menyebutkan pada 17 Agustus 2020 jumlah pendaki yang berada di gunung Bawakaraeng untuk melaksanakan upacara bendera tercatat 2.065 orang.

Pendaki berada di puncak mengikuti upacara bendera sebanyak 788 orang dan di Lembah Ramma sebanyak 1.227 orang. Untuk jalur naik ke Gunung tersebut ada di Lembbana, Kabupaten Gowa dan Tassoso di Kabupaten Sinjai.

"Saat ini dari seluruh pendaki yang melaksanakan upacara bendera di Gunung Bawakaraeng sebagian sudah turun. Sekarang di puncak masih ada tersisa 10 tenda,” kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Sulsel, Muhammad Rizal dilansir ANTARA, Rabu, 17 Agustus.

Sejak pagi setelah pelaksanaan upacara baik di pos 10, puncak gunung, maupun di pos lima di Lembah Ramma, sejumlah pendaki sudah melaksanakan persiapan untuk turun melalui dua jalur dan akan tiba di Bulu Balea dan Lembanna, kaki Gunung Bawakaraeng dikawal tim SAR Gabungan.

"Di pos delapan dan pos lima pendaki sudah bergeser semua ke bawah. Kita semua mau turun ini ke Lembanna, mungkin malam nanti semua sudah ada di Lembanna," tuturnya.

Sementara itu, disebutkan juga salah seorang pendaki mengalami cedera pada kaki saat menuju puncak gunung untuk mengikuti upacara. Kondisinya dipastikan sudah membaik.

"Sudah baikan, trouble (masalah) itu di pos delapan sekarang posisinya di pos enam. Sementara ini dipapah sama teman teman yang lain, dia tidak sempat ikut upacara, " katanya.