Gunung Bawakaraeng Sulsel Disesaki 15 Ribu Pendaki, 1 Orang Meninggal
Evakuasi pendaki yang meninggal di Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulsel (Dok. Basarnas Makassar)

Bagikan:

GOWA - Satu orang pendaki, Wawan Kurniawan (16) meninggal dunia saat melakukan pendakian Merah Putih di Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Gunung Bawakaraeng dipenuhi 15 ribu orang pendaki dalam peringatan Kemerdekaan Indonesia.

“Kami menerima laporan sekitar jam 6 pagi tadi, seorang pendaki meninggal dunia di antara pos 10 dan 9 di Gunung Bawakaraeng,” kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, M Rizal dalam keterangan tertulis, Senin, 17 Agustus.

Korban berhasil dievakuasi tim SAR gabungan Siaga Merah Putih sekitar pukul 14.15 WITA. Korban langsung diserahkan ke keluarga. 

“Lorban berhasil dievakuasi Ke Puskesmas Tinggi Moncong Kabupaten Gowa dan menunggu pihak keluarga korban,” sambungnya. 

Rekan korban, Wahyu Hidayat menuturkan, korban bersama-sama melakukan pendakian pada 12 Agustus. Keduanya sempat bermalam di Bili-bili lalu melanjutkan perjalanan ke Lembanna menuju Gunung Bawakaraeng

"Karena saya hanya berdua dengan korban, jadi saya bergabung dengan tim lainnya untuk melanjutkan perjalanan ke Pos 10 Bawakaraeng keesokan harinya (13/8),” kata Wahyu dikutip Basarnas Makassar.

Korban menurutnya sempat mengaku sakit kepala dan sesekali mengigau. Sempat diajak turun ke kampung sekitar lokasi, korban menolak karena ingin ikut mengibarkan Bendera Merah Putih.

"Karena kondisi darurat, jadi korban kami evakuasi ke tenda pendaki lainnya di antara pos 10 dan 9. Hingga akhirnya, rekan kami dinyatakan meninggal dunia," kata Wahyu.

 

Dari data yang diterima hingga tanggal 17 Agustus, tercatat sekitar 15 ribu pendaki melakukan pendakian ke Gunung Bawakaraeng.