Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia. Ucapan ini disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia.

Dalam pesannya, Biden mengatakan, AS dan Indonesia merayakan tonggak peringatan kemerdekaan di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi yang nyaris seripa di antara kedua negara.

Jika Indonesia berpegang pada "Bhinneka Tunggal Ika", AS memiliki semboyan "E Pluribus Unum". Kalimat itu diambil dari bahasa Latin dan secara harafiah berarti "Dari banyak menjadi satu".

Joe Biden menyebut, moto dari kedua negara menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat yang beragam.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyatakan, bangga dengan sejarah panjang persahabatan dan kerja sama antara AS dan Indonesia.

"Saya menyaksikan secara langsung kekuatan hubungan kami dan pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia ketika saya mengunjungi Jakarta pada Desember 2021 dan Bali pada Juli 2022," kata Blinken, seperti dikutip Antara dari pernyataan yang dirilis Departemen Luar Negeri AS, Rabu, 17 Agustus.

Blinken kemudian menyatakan, dukungan AS bagi kepemimpinan global Indonesia sebagai Presiden G20 tahun ini dan menantikan Keketuaan ASEAN 2023 Indonesia.

"Amerika Serikat merasa terhormat memiliki mitra yang begitu dekat di kawasan ini saat kami bekerja untuk mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," tuturnya.

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengirimkan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia pada kesempatan Hari Kemerdekaan ini," lanjut Menlu AS.