Di Depan Mendag Zulhas, Ketua DPR: Jangan Terjadi Lagi Minyak Goreng Langka di Negeri Sendiri
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Foto via Kemendag)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan jangan lagi ada minyak goreng langka di Tanah Air. Dia meminta peningkatan produktivitas pangan hingga kesejahteraan petani harus diperkuat oleh pemerintah.

Hal ini disampaikan Puan di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan serta menteri dan kepala lembaga lainnya saat berpidato di Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI pada hari ini, Selasa, 16 Agustus.

Dia mengingatkan Indonesia adalah salah satu negara penghasil minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) terbesar. Sehingga, kelangkaan minyak goreng seperti yang terjadi beberapa waktu lalu tak boleh lagi terjadi.

"Ke depan jangan terjadi lagi permasalahan seperti kelangkaan minyak goreng di negeri sendiri yang merupakan negara penghasil CPO terbesar di dunia," kata Puan dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Lebih lanjut, Puan mengingatkan pemerintah harus berdiri di kaki sendiri. Indonesia jangan sampai hanya menjadi sasaran pasar dari produk luar negeri.

Indonesia, sambung Puan, tidak boleh juga hanya sekadar menjadi pekerja. Semua tanpa terkecuali harus bangga menggunakan produk anak bangsa.

"Kita tidak ingin hanya menjadi sasaran pasar dari produk luar; kita ingin dapat berdikari di bidang ekonomi melalui industri nasional," tegasnya.

"Kita juga tidak ingin bangsa Indonesia hanya menjadi kuli di negerinya sendiri. Kita harus bangga menggunakan produk anak bangsa Indonesia," pungkasnya.