Bukan Dihancurkan, Tugu Kota Medan Bakal Dibangun Ulang Persis dengan yang Dibangun Masa Kolonial Belanda
Wali Kota Medan Bobby Nasution/DOK Instagram bobbynst

Bagikan:

MEDAN - Pemko Medan akan kembali membangun tugu yang berada persis di depan Kantor Pos Medan. Dipastikan, tugu yang dibangun nantinya sama persis seperti pertama kali dibangun pada masa kolonial Belanda.

"Ini (tugu) akan diperbaiki kembali, bukan dihancurkan lalu untuk dijadikan jalan. Justru tugu yang kita bangun nanti sama seperti yang pertama kali dibangun," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution dikutip dari keterangan tertulis Humas Pemko Medan, Selasa, 16 Agustus.

Diungkapkan Bobby Nasution, tugu itu dulunya kecil sebagai tanda titik nol Kota Medan, bukan seperti bangunan yang ada saat ini. "Perbaikan yang dilakukan ini termasuk dalam revitalisasi Lapangan Merdeka," jelasnya.

Pemko Medan sambung Bobby Nasution telah mendata seluruh bangunan heritage yang ada di Kota Medan, termasuk yang tidak masuk aset Pemko Medan. 

"Semua (bangunan heritage) sudah kita data semuanya" ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Medan Benny Iskandar mengatakan, perbaikan yang dilakukan dalam rangka penataan dan revitalisasi Lapangan Merdeka.

"Nanti (tugu) akan kita bangun kembali sesuai bentuk aslinya. Sebab, bangunan yang ada kemarin itu tidak sesuai dan menutupi bangunan cagar budaya Kantor Pos," kata dia.