Anies Baswedan Ternyata Lagi di Tokyo, Diskusi dengan Gubernur Koike Bahas Transportasi Publik
Gubernur DKI Anies Baswedan menemui Gubernur Tokyo, Yuriko Koike di kantornya, balai kota Tokyo (Foto via Facebook Anies Baswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Jepang untuk bertemu Gubernur Tokyo Yuriko Koike guna membahas potensi kerja sama beberapa bidang, termasuk transportasi publik ramah lingkungan.

"Kami membahas banyak hal, terutama tentang usaha kebangkitan pasca pandemi, kerja sama membangun kota tahan bencana dan di bidang transportasi publik ramah lingkungan," kata Anies melalui akun Instagram @aniesbaswedan di Jakarta, Sabtu 13 Agustus.

Gubernur DKI itu mengunggah foto pertemuan dengan Gubernur Tokyo di Balai Kota Tokyo didampingi beberapa orang delegasi di akun instagram pribadinya.

Ia tidak membeberkan lebih lanjut potensi kerja sama yang berpeluang dilakukan kedua kota itu. Anies juga tidak mengungkapkan kapan ia tiba di Tokyo dan sampai kapan berada di Negeri Sakura itu.

Dalam unggahan tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengundang Yuriko Koike untuk hadir dalam forum "Urban 20" di Jakarta akhir Agustus 2022.

"Ia menyampaikan kesediaan dan konfirmasinya untuk hadir langsung, bersama dengan pemimpin kota-kota utama dunia lainnya," kata Anies.

Tokyo dan Jakarta, kata dia, adalah "sister city" atau kota kembar, dengan hubungan yang terjalin sudah lama sehingga momentum pertemuan hangat itu menjadi titik komitmen baru untuk mempererat hubungan dua kota metropolitan tersebut.

Anies bercerita pertama kali bertemu dengan Gubernur Koike pada 2017 ketika awal dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI.

"Kami sempat bertemu langsung lagi pada tahun 2019 saat 'Urban 20 Summit' di Tokyo. Selain itu, terjadi pula pertemuan berkali-kali secara virtual saat kota-kota utama dunia bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19," tutur Anies.

Saat masa awal pandemi, Anies mengaku para gubernur dan wali kota dari berbagai negara melakukan pertemuan virtual secara berkala untuk saling belajar, saling bertanya dan bertukar pengalaman lintas kota se-dunia soal penanganan COVID-19.

Gubernur Koike dan Gubernur Anies pada 2019 terpilih menjadi wakil ketua bersama Forum Kota atau C40, organisasi kota-kota utama dunia yang berfokus pada penanganan krisis iklim global.

"Maka, komunikasi dan kerjasama dengan Gubernur Koike selama ini jadi makin intensif," ucapnya.