Perayaan HUT Ke-77 RI di Batam Gelar Lomba Sampan Layar, Warga Malaysia dan Singapura Ikut Memeriahkan
Pulau Belakang Padang Batam. (Foto via ANTARA/Yude)

Bagikan:

BATAM - Warga Kecamatan Belakang Padang Kota Batam bakal memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia (RI) dengan menggelar perlombaan sampan layar. Warga Singapura dan Malaysia akan ikut memeriahkan.

Perlombaan sampan layar itu akan diikuti puluhan tim dari pulau-pulau yang ada di daerah perbatasan. Camat Belakang Padang, Yudi Admajianto, mengatakan, warga negara tetangga itu tak jadi peserta, melainkan hanya menonton perlombaan tersebut.

"Mereka sekalian menengok keluarga di Belakang Padang,” ujar Yudi, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 13 Agustus.

"Yang mendaftar sudah ada 20 tim, ada dari Pulau Sugi, Pulau Pecung, Pulau Tanjung Pelanduk, Pulau Bulang sama Pulau-pulau di sekitar Kecamatan Belakang Padang," lanjutnya.

Namun, dia tak menutup kemungkinan ada tim dari luar negeri yang akan ikut serta. Brunei Darussalam kabarnya tertarik untuk ambil bagian.

"Beberapa hari yang lalu sudah ada dapat kabar bahwa dari Brunei ada yang mau ikut serta, tapi mungkin waktu tanggal 17 itu baru tahu pastinya apakah ikut atau tidak," ucap Yudi.

Yudi berharap, pada kegiatan untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini dapat berjalan lancar. "Mudah-mudahan cuaca bagus dan mendukung,” kata dia.

Diberitakan, sejumlah permainan rakyat dan tarian tradisional akan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) di Pulau Perbatasan yang akan dimulai dari tanggal 12-18 Agustus 2022.

“Pada 17 Agustus di Belakang Padang tahun ini meriah, karena memang sudah dua tahun tidak dilaksanakan banyak permainan rakyat yang akan digelar dan tarian mulai dari tanggal 12-18 Agustus," ujar Yudi, beberapa waktu lalu

Sejumlah permainan rakyat yang akan diselenggarakan yaitu seperti panjat pinang di tengah laut, lomba bakiak, tarik tambang, bulu tangkis, sepak takraw, domino dan lain-lain.

“Pada acara puncak atau tanggal 17 Agustus itu nanti ada lomba sampan layar dan lomba boat penambang antara Pulau Belakang Padang dengan Pulau Sambu,” ujarnya.