Rumah Dinas Lurah dan Camat di Jakpus Hanya Jadi Gudang Barang Bekas
Barang rosok di rumah dinas kawasan Cempaka Putih/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah rumah dinas (Rudin) kelurahan hingga kecamatan di Jakarta Pusat berubah fungsi menjadi gudang barang bekas hingga kandang burung. Dari pantauan di lokasi, salah satu rumah dinas khusus camat di kawasan Cempaka Putih terlihat tidak terawat dan menjadi gudang.

Menurut salah satu sumber yang enggan menyebutkan namanya, rumah dinas Kelurahan Cempaka Putih Barat, Johar Baru dan Tanah Tinggi tidak pernah ditempati lurah.

"Bukan lurah yang menempati rudin tersebut, saya tahu kok bedain lurah atau tidak kan bisa dilihat dari seragam. Kita tidak tahu siapa yang menempati soalnya tidak pernah tegur sapa sama warga," katanya kepada wartawan, Jumat, 12 Agustus.

Berdasarkan informasi, rumah dinas yang tidak difungsikan berada di Kelurahan Kramat, Cempaka Putih Barat, Tanah Tinggi, Johar Baru dan Kebon Melati.

Terpisah, Roisah (45) salah satu penghuni rudin Kelurahan Kramat mengaku bahwa dirinya tinggal di dalam rumah dinas sudah 5 tahun. Dia bersama suami menempati rumah tersebut untuk menjaga barang - barang yang ada di dalam rudin.

"Di dalam banyak barang bekas, seperti AC dan lemari besi. Selain itu diperkarangan rudin ada bangkai (rongsokan) motor juga di sini. Saya beserta suami di suruh menjaga rumah ini," ucap Roisah.

Sementara dikatakan salah satu warga berinisial RW, rumah dinas Kelurahan Kebon Melati dan lainnya tidak pernah ada lurah yang menempati.

Menurutnya justru rudin tersebut menjadi gudang baik di dalam perkarangan maupun di dalam rumah.

"Ini di perkarangan bisa dilihat itu jadi parkiran kendaraan germor (gerobak motor) yang sudah rusak, belum lagi itu di dalam jadi gudang," ucapnya.