Gempa Magnitudo 6,0 Terjadi di Mentawai Sumbar, Ini Analisis BMKG
DOK. Instagram daryonobmkg

Bagikan:

JAKARTA - Gempa bermagnitudo 6,0 yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat termasuk gempa yang kuat. Gempa ini berpusat di laut dengan jarak 112 km arah baratdaya Kota Tuapejat, Kepulauan Mentawai.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa ini merupakan gempa dangkal. Hiposenternya berada di kedalaman 31 km, yang artinya pusat gempa ini berada di dalam Lempeng Indo-Australia dan bukan di Lempeng Eurasia.

“Beberapa daerah yang merasakan guncangan gempa ini adalah Padang, Painan, Sipora, Solok, Mentawai, Sipora, Padang Panjang, Bukittinggi, Pariaman, Kepahiang, Pasaman, Kerinci, Payakumbuh, dan Solok Selatan,” kata Daryono, Selasa, 17 November.

Gempa ini menurut Daryono tidak disebabkan oleh aktivitas tumbukan lempeng karena gempa ini bersumber di dalam Lempeng Indo-Australia.

Karena itu gempa yang terjadi pagi tadi disebut Daryono  bukan merupakan gempa yang disebabkan oleh aktivitas tumbukan lempeng di zona megathrust. Gempa akibat timbukan lempeng lazimnya memiliki sumber gempa sesar naik (thrust fault).

Dipicu oleh sesar transform, gempa ini memiliki mekanisme sumber berupa sesar geser (transform fault) yang tampaknya berkaitan dengan sumber gempa sesar geser pada Lempeng Indo-Australia di Samudra Hindia, yang dikenal dengan nama Investigator Fracture Zone (IFZ). 

Struktur IFZ ini memanjang di Samudra Hindia relatif berarah utara-selatan dan di bagian ujung utara IFZ berdekatan dengan Zona Subduksi Sumatera.

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya masih dibawah 7,0 di samping juga karena mekanisme sumbernya yang berupa sesar geser,” imbuh Daryono.

Gempa semacam ini menurutnya pernah terjadi di Samudra Hindia sebelah barat Aceh pada tahun 2012. Gempa dahsyat di Samudra Hindia sebelah barat Aceh pada 12 April 2012 berkekuatan 8,6 dan 8,1 merupakan contoh lain dari gempa yang berkaitan dengan sumber gempa Investigator Fracture Zone (IFZ). Investigator Fracture Zone (IFZ) termasuk sumber gempa potensial bagi pulau Sumatera.