Bagikan:

JAKARTA - Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus telah kembali muncul di hadapan publik setelah sebelumnya kontak dengan pasien positif COVID-19. Yang mengejutkan, Tedros mengatakan ia tak memerlukan tes ulang.

Di Jenewa, Senin, 17 November, Tedros mengatakan ia yakin sehat. Dan tes katanya tak terlalu penting. Yang penting adalah mematuhi protokol kesehatan.

"Saya sehat, tidak ada gejala. Sekarang hari ke-17 dan saya mengikuti protokol kesehatan. Karena tanpa gejala dan mematuhi protokol, saya merasa tidak perlu melakukan tes," katanya saat konferensi pers, dikutip Selasa, 17 November.

"Saya yakin Anda bahwa saya baik-baik saja dan sebenarnya sangat, sangat sibuk. Yang terpenting adalah mengikuti protokol," tambah Tedros.

Sebelumnya Tedros melakukan isoolasi mandiri setelah menyatakan diri berkontak fisik dengan seorang pasien COVID-19. Pengumuman itu disampaikan Tedros melalui Twitter, Senin, 2 November.

"Saya telah teridentifikasi sebagai kontak dari seseorang yang dites positif COVID-19," kata Tedros. "Saya baik dan tanpa gejala tetapi harus karantina mandiri dalam beberapa hari, sejalan dengan protokol WHO, dan bekerja dari rumah."

"Sangat penting bagi kita semua untuk mematuhi panduan kesehatan," ia menambahkan. Menurut Tedros, hal tersebut adalah cara memutus rantai penularan COVID-19, menekan virus, dan melindungi sistem kesehatan.