Model Rusia Ini Bikin Video di Kamar Mayat, Ungkap Kasus COVID-19 yang Ditutup-tutupi
Olga Kagarlitskaya dan keluarganya (Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan ratu kecantikan Rusia mengklaim telah menemukan konspirasi di negaranya setelah berbagi rekaman mayat korban COVID-19 yang ditumpuk tinggi di kamar mayat.

Olga Kagarlitskaya merasa ngeri menyaksikan mayat dalam tas hitam ditumpuk di atas satu sama lain di kamar mayat di Samara, di barat daya Rusia.

Perempuan 37 tahun itu mendatangi kamar mayat untuk mengambil jenazah ayahnya - seorang dokter yang diduga tertular COVID-19 saat membawa korban dengan ambulans ke rumah sakit.

Kagarlitskaya merekam di dalam kamar mayat tempat mayat ayahnya disimpan setelah dikejutkan oleh jumlah mayat lainnya di fasilitas tersebut.

Dia sekarang mengklaim pihak berwenang Rusia berusaha menutupi jumlah petugas kesehatan yang terbunuh oleh COVID-19 dengan memalsukan sertifikat kematian untuk menunjukkan bahwa mereka meninggal dengan cara lain.

Dalam rekaman yang dibagikan secara online, kontestan Miss Samara 2005 menyatakan: "Statistik resmi kami adalah tujuh orang tewas di Samara (akibat virus corona). Di sini kami melihat lebih dari tujuh."

Kagarlitskaya kemudian mengklaim pekerja kamar mayat mengatakan kepadanya bahwa mereka sedang memproses tubuh 50 korban COVID-19 pada hari dia berkunjung.

Dia melanjutkan dengan mengklaim pejabat kesehatan mencoba memanipulasi rincian kematian pekerja kesehatan untuk menghindari pembayaran kompensasi sekitar Rp421 juta kepada mereka yang terbunuh oleh COVID-19.

Dia mengungkap, ayahnya harus menunggu dua hari agar ambulans membawanya ke rumah sakit tempat dia bekerja selama 23 tahun.

Saat dirawat, ayah Kagarlitskaya ditempatkan di ventilator - tetapi sayangnya meninggal setelah lebih dari dua minggu perawatan.

Tangkapan layar video rekaman mayat korban COVID-19 yang ditumpuk tinggi di kamar mayat (Foto: Olga Kagarlitskaya)

"Seorang pegawai kamar mayat mengatakan kepada saya bahwa saya tidak dapat mengharapkan penelitian yang andal dan independen (tentang penyebab kematian) karena mereka berfokus pada panggilan dari atas, pada percakapan dengan kementerian, dengan Moskow," sang model mengklaim dilansir dari Daily Star, Selasa, 17 November.

"Semua ini dilakukan agar tidak membayar santunan kepada keluarga pekerja medis yang meninggal saat menjalankan tugasnya."

Tuduhan Kagarlitskaya menyusul komentar Alexey Raksha - mantan petugas demografis di Layanan Statistik Federal Rusia yang mundur sebagai protes atas dugaan manipulasi kematian COVID-19 di Rusia.

Pria berusia 42 tahun itu menuduh pemerintah Rusia memutarbalikkan statistik untuk menunjukkan bahwa "segalanya lebih baik di sini daripada di mana pun".

Angka resmi pemerintah Rusia melaporkan 352 kematian pada hari Minggu - namun Raksha mengatakan 2.400 hingga 2.800 orang Rusia sekarat karena virus corona per hari.