Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga yang tinggal di kawasan pesisir Jakarta untuk mewaspadai banjir pesisir atau rob selama sepekan ini.

Banjir rob ini diprediksi terjadi sejak tanggal 7 hingga 13 Agustus 2022 pada pukul 18.00 hingga 23.00 WIB.

Dalam keterangannya, BPBD DKI menyebut wilayah yang berpotensi terdampak banjir rob adalah Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Wilayah pesisir DKI Jakarta di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda dan Kepulauan Seribu diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," tulis akun Instagram bpbddkijakarta, dikutip pada Rabu, 10 Agustus.

BPBD DKI Jakarta menjelaskan, pada periode yang dimaksud, bumi memasuki fase memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

Fenomena ini berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum dan membuat kawasan daratan terkena imbas banjir rob.

Lebih lanjut, BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat diimbau untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," tandasnya.