Dentuman Marching Band Bakal Iringi 1000 Kader PKB dan Gerindra Pawai Bareng dari Masjid Sunda Kelapa ke KPU
Ketum Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (kanan) bertemu di Kertanegara, Jakarta, 18 Juni 2022. (Antara-Muhammad A)

Bagikan:

JAKARTA - PKB dan Gerindra dijadwalkan bersama-sama ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftar sebagai parpol peserta Pemilu 2024 pada hari ini, Senin 8 Agustus.

Partai yang diketuai Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Prabowo Subianto itu diagendakan hadir pada pukul 15.00 WIB. Ribuan kader gabungan PKB dan Gerindra direncanakan berkumpul di depan Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, sebelum pawai ke KPU.

"Rencananya 1.000 kader gabungan PKB dan Gerindra dengan uniform masing masing akan berkumpul di depan Masjid Sunda Kelapa," ujar Waketum PKB, Jazilul Fawaid, saat dihubungi, Senin, 8 Agustus.

Jazilul menuturkan, rombongan akan berjalan kaki menuju KPU RI sambil membawa pataka dan bendera Merah Putih yang diiringi oleh marching band.

"Rombongan akan berjalan kaki dengan membawa pataka dan bendera Merah Putih diiringi marching band menuju kantor KPU," tuturnya.

Sementara Cak Imin, kata Jazilul, akan bertemu dengan Prabowo di depan gerbang KPU. Baru setelah itu, kedua ketum tersebut akan masuk bersamaan ke dalam gedung KPU dengan didampingi elite PKB dan Gerindra.

"Kalau tidak ada halangan Gus Muhaimin dan Mas Bowo akan bertemu di depan kantor KPU untuk masuk berdua, didampingi pengurus teras PKB dan Gerindra," kata Jazilul.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda, mengungkapkan alasan memilih masjid Sunda Kelapa sebagai titik keberangkatan. Menurutnya, masjid menjadi penanda jika kerja sama politik kedua partai ditujukan sepenuhnya untuk kemaslahatan rakyat Indonesia.

“Semangatnya dengan pemilihan waktu pendaftaran di 10 Muharam yang juga merupakan hari baik dan mempunyai makna besar terhadap titik tolak kemenangan para tokoh besar dunia,” kata Huda dalam keterangan tertulis, Senin, 8 Agustus.

Huda menilai, masjid Sunda Kelapa di pilih karena filosofi masjid itu sendiri. Di mana masjid berbentuk perahu yang menyimbolkan bahwa pelabuhan Sunda Kelapa dahulu merupakan tempat terkenal untuk berdagang sekaligus tempat penyebaran islam yang paling pesat pada masanya.

Dengan pemilihan masjid, kata Huda, pihaknya ingin mengingatkan kader Gerindra dan PKB bahwa perjuangan politik merupakan implementasi nilai-nilai luhur agama.

Huda mengatakan, pendaftaran Gerindra dan PKB sebagai peserta Pemilu akan dipimpin langsung oleh Prabowo dan Cak Imin. Kata dia, hal ini juga sebagai penanda kian seriusnya kerja sama politik dari kedua belah pihak.

Selanjutnya, Prabowo dan Cak Imin akan melakukan konferensi pres bersama setelah menyelesaikan rangkaian pendaftaran di kantor KPU. Keduanya, disebut bakal menyampaikan berbagai isu strategis terkait kerja sama Gerindra dan PKB dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Nantinya Pak Bowo dan Gus Muhaimin akan menyampaikan pernyataan bersama terkait kerja sama politik kedua belah pihak dalam menghadapi Pemilu 2024,” tandasnya.