Sambil Pawai Kebudayaan, PDIP Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024 ke KPU
PDIP mendaftarkan diri peserta Pemilu 2024 dengan berpawai menuju kantor KPU Jakarta pada Senin, 1 Agustus. (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) berpawai menuju kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada hari ini, Senin, 1 Agustus. Mereka akan mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kegiatan long march atau pawai ini bersiap sekitar pukul 06.30 WIB. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memimpin jajaran DPP PDIP dari kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

“PDI Perjuangan akan daftar yang pertama dan sebelumnya kami mohon maaf bahwa ini hari Senin dan situasi transportasi yang sangat padat mungkin mengganggu menciptakan kemacetan di jalan raya,” kata Hasto kepada wartawan, Senin, 1 Agustus.

"Tetapi apa yang dilakukan oleh PDI Perjuangan sebagai komitmen terhadap seluruh tahapan Pemilu, juga menampilkan pada bulan Agustus ini, semangat nasionalisme, patriotisme, bela negara, semangat Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan,” sambungnya.

Setelah seluruh rombongan siap, sekitar pukul 07.25 WIB peserta pawai bersama petinggi partai mulai berjalan. Hasto memimpin 26 orang jajaran petinggi DPP PDIP.

Di barisan berikutnya terdapat 20 orang dari jajaran RedMe dan Artis Nusantara. Lalu diikuti dengan 50 orang pemain angklung.

Selanjutnya adalah 34 orang yang melakukan Parade Pakaian Budaya 34 Provinsi. Dan 45 orang peserta dari Persatuan Istri Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PIA F-PDIP). Semuanya juga mengikuti Parade Pakaian Budaya.

Di bagian belakang sebagai penutup barusan adalah 30 orang jajaran Marching Band.

Selama Proses Pendaftaran di Kantor KPU RI, marching band dan angklung yang mengiringi pawai akan terus memainkan lagu di luar halaman Kantor KPU RI.

Adapun dalam kegiatan ini, Hasto didampingi DPP Partai Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Bambang Wuryanto; Ketua DPP Partai Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun; Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat; Ketua DPP PDIP Bidang Organisasi Sukur H. Nababan; Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah; Ketua DPP PDIP Bidang Kesehatan Perempuan dan Anak Sri Rahayu; Wakil Sekjen Utut Adianto, Sadarestuwati, dan Arif Wibowo

Dijadwalkan usai proses pendaftaran di KPU, rombongan long march kebudayaan PDIP akan kembali berjalan ke arah kantor pusat partai di Diponegoro.