Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Bharada E Sedang Diperiksa
Ajudan Irjen Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) /ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Tim khusus (timsus) Polri ternyata sedang memeriksa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam upaya pengusutan insiden berdarah yang menewaskan Brigadri J. Proses pemeriksaan berlangsung sejak pagi tadi.

"Hari ini (Bharada RE diperiksa, red). Sejak tadi pagi," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian saat dikonfirmasi, Rabu, 3 Agustus.

Pemeriksaan ini merupakan upaya dalam pengusutan laporan pihak keluarga Brigadir J atas dugaan pembunuhan berencana.

Tak hanya Bharada E, timsus juga berencana memeriksa Irjen Ferdy Sambo. Rencananya, jenderal bintang dua itu dimintai keterangan pada Kamis, 4 Agustus.

Perihal jadwal pemeriksaan Ferdy Sambo itu diamini oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

"Iya betul (Irjen Ferdy Sambo, red) diperiksa," kata Dedi.

Brigadir J tewas di rumah singgah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat, 8 Juli.

Penyebab tewasnya Brigadir J disebut karena terlibat baku tembak dengan Bharada E.

Hanya saja, pihak keluarga meyakini ada dugaan pembunuhan berencana di baliknya. Berdasarkan hasil gelar perkara, Bareskrim meningkatkan status dugaan pembunuhan berencana itu dari penyelidikan ke penyidikan.

Dalam upaya pengusutan kasus ini, Polri telah melakukan beberapa langkah penyidikan. Satu di antaranya proses ekshumasi dan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J.

Autopsi ulang dilakukan karena ada permintaan keluarga yang meyakini adanya unsur pembunuhan berencana di balik kasus tersebut.

Proses autopsi terhadap jenazah Brigadir J sudab dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Muaro Jambi beberapa waktu lalu.

Selain itu, timsus Polri juga sudah melakukan uji balistik di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo di Kompoleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Tujuannya, untuk memastikan sudut dan jarak tembak. Kemudian, memastikan jumlah tembakan yang terjadi di balik insiden berdarah tersebut.