Gedung Baru Fakultas Teknik UGM Punya Nama Baru, Prof Roosseno Soerjohadikoesoemo
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah bangunan baru di Universitas Gadjah Mada (UGM) punya nama baru. Kampus ini menyematkan nama Bapak Beton Indonesia yang juga pendiri dan Dekan Fakultas Teknik UGM Prof Roosseno Soerjohadikoesoemo.

"Pemberian nama gedung ini untuk mengenang jasa dari Prof Roosseno yang mendirikan fakultas teknik. Kurang lebih 76 tahun lalu, Prof Roosseno bersama mahasiswa Teknik Bandung dan termasuk Herman Johanes mendirikan Sekolah Tinggi Teknik Bandoeng di Yogyakarta pada 1946 yang menjadi cikal bakal berdirinya Fakultas Teknik UGM,” ujar Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof Ir Selo, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu 3 Agustus dikutip dari Antara.

Roosseno merupakan ilmuwan bidang teknik sipil yang diberikan mandat kepala negara untuk merancang dan membangun sejumlah proyek mercusuar di Indonesia saat itu. Karya ciptanya lebih dari 32 bangunan bersejarah meliputi gedung, jembatan, hotel, pelabuhan termasuk restorasi Candi Borobudur.

Sejumlah bangunan tersebut, hingga saat ini masih berdiri kokoh seperti Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, Gelora Bung Karno Senayan, Hotel Indonesia, dsb.

Penerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama tahun 1984 itu juga telah menorehkan berbagai prestasi yang tidak hanya diakui pada level nasional saja, tetapi juga di level internasional.

Sepak terjangnya itu membuat Presiden Soekarno mengamanahkan sejumlah jabatan strategis untuk diemban, seperti menteri perekonomian, menteri perhubungan, serta menteri pekerjaan umum.

Sebagai seorang cendekiawan, kepiawaiannya tidak hanya teruji dalam pengembangan teknik konstruksi rancang bangun saja, namun, juga memiliki kepedulian dan dedikasi yang tinggi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Nama Roosseno diabadikan untuk gedung Engineering Research and Innovation Center (ERIC) sepuluh lantai yang berada di fakultas teknik.

“Ini merupakan kado yang sangat spesial di hari jadinya beliau, kami sangat bersyukur dan terhormat atas apresiasi yang luar biasa kepada Prof Roosseno, besar harapan kami, dengan disematkannya nama beliau pada gedung baru ini, dapat menjadi semangat bagi seluruh sivitas akademika dalam mendedikasikan ilmu dan pengetahuan untuk membangun Tanah Air,” ujar perwakilan keluarga Roosseno, Cyril Noerhadi.

Cyril berharap ide atau gagasan pemikiran Roosseno akan terus menjadi inspirasi bagi kita semua.

“Atas nama keluarga besar, saya mengucapkan terima kasih kepada FT-UGM yang senantiasa memberi perhatian, penghargaan sekaligus mengenang jasa beliau semasa hidup“ kata Cyril lagi.