Mantan Kepala SMAN 5 Kota Bima Selewengkan Dana Bos Rp372 Juta
Mantan Kepala Sekolah SMAN 5 Kota Bima, Sudirman (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Kepala Sekolah SMAN 5 Kota Bima, Sudirman didakwa melakukan tindak pidana korupsi dana BOS tahun 2016. Perbuatan Sudirman disebut merugikan keuangan negara senilai Rp372,5 juta.

"Terdakwa telah melakukan perbuatan melawan hukum menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau menyalahgunakan kewenangannya sehingga merugikan negara," kata Jaksa Syafruddin di Pengadilan Negeri Tipikor Mataram, Nusa Tenggara Barat, dilansir Antara, Jumat, 13 November.

Jaksa menguraikan, Sudirman menjalankan modus korupsinya ketika menjabat Kepala SMAN 5 Kota Bima. Pada tahun 2016, sekolahnya mendapat aliran dana BOS sebesar Rp747 juta.

Dana yang seharusnya digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah, telah disalahgunakan terdakwa. Bersama bendaharanya, terdakwa mengeluarkan dana yang ternyata tidak sesuai dengan ketentuan penggunaan dana BOS.

"Bahkan dalam laporan pertanggungjawaban dana BOS ada sebagian item yang anggarannya telah dimanipulasi," ujarnya.

Item barang tersebut antara lain untuk pengadaan alat tulis kantor, pembayaran gaji guru honor, pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, pengadaan sarana kesenian, dan pendidikan kewirausahaan. Kemudian ada juga untuk biaya transportasi lokal, konsumsi, upah honorer.

"Akibatnya muncul kerugian negara Rp372,5 juta berdasarkan hasil audit BPKP Perwakilan NTB," ucap dia.

Terkait dengan dakwaan ini, penasihat hukum terdakwa Irpan Suryadiata menyatakan tidak mengajukan eksepsi dan mempersilahkan majelis hakim untuk melanjutkan agenda sidang ke pemeriksaan saksi. Sudirman dijerat dengan Pasal 2 dan Pasal 3 Juncto Pasal 18 Undang-Undang Tipikor.