Risma Klaim Tenaga Medis di Surabaya Tak Kalah dengan Luar Negeri, Penanganan COVID-19 Buktinya
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menyebut tenaga medis yang ada di Surabaya tidak kalah dengan yang dimiliki di negara lain. Buktinya, Pemkot Surabaya bersama dengan Persi, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Surabaya serta seluruh rumah sakit dapat mengatasi, menekan dan mengendalikan angka penyebaran covid-19.

"Sehingga kemarin hanya tinggal 59 kasus aktif di Surabaya. Meskipun sehari kita tetap melakukan testing swab sekitar kurang lebih tiga ribu spesimen," kata Risma, sapaan akrabnya, Jumat, 13 November.

Risma menceritakan bagaimana kisah menekan angka kasus Covid-19 di Kota Pahlawan. Mulai dari cara penanganannya, kendala hingga akhirnya wabah global dapat dikendalikan sampai seperti sekarang ini. 

"Kami tidak pernah membayangkan kalau kejadiannya di luar bayangkan," ujarnya.

Karena itu, Risma meminta ke depan agar kualitas manajemen RS semakin ditingkatkan, terutama meningkatkan kinerja dan efektivitas, agar semakin maju di Surabaya. Menurutnya, industri rumah sakit memiliki komponen yang sangat kompleks, mulai dari industri apotek, obat-obatan, laboratorium, penginapan, transportasi serta restoran.

"Saya ingin sampaikan alangkah sayangnya jika peluang itu tidak ditangkap oleh kita. Selama ini saya selalu sampaikan kepada para dokter dan juga Persi," katanya.

Risma menegaskan upaya meningkatkan kinerja dan manajemen sangat penting dilakukan. Namun untuk menjamin kualitas juga dinilai penting, sehingga dibutuhkan evaluasi. 

"Jadi karena itu ayo bersama-sama gotong royong," ujarnya.

Risma agar semua pihak bersama-sama meningkatkan manajemen serta pengelolaan rumah sakit. Dengan harapan, potensi yang dimiliki dapat dikelola dengan baik di kota sendiri, sehingga membawa dampak yang positif yakni peningkatan ekonomi terhadap suatu kota atau daerah. 

"Mari kita tingkatkan kinerja, meningkatkan kapasitas serta efektivitas," pungkasnya.