Pemprov Jabar Targetkan Perbaikan Jalan di Cianjur Tuntas Akhir Tahun
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat bertemu dengan apartur Desa Meleber, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat, setelah menyerahkan rutilaha pada seorang warga desa, Selasa (26/7/2022).(ANTARA/Ahmad Fikri)

Bagikan:

CIANJUR - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan perbaikan jalan milik provinsi yang membentang di wilayah selatan Cianjur, Jawa Barat, dapat selesai sepenuhnya paling cepat akhir 2022.

"Saya datang ke Cianjur termasuk untuk memantau perbaikan jalan provinsi yang sudah berjalan. Kalau belum tuntas kami akan menambah anggarannya," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Cianjur dilansir Antara, Selasa, 26 Juli.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengakui perbaikan jalan sempat terganggu selama pandemi, karena anggaran sebesar Rp5 triliun dialihkan untuk penanganan pandemi COVID-19.

Namun, pihaknya kembali menggulirkan dana untuk perbaikan dan pembangunan jalan milik provinsi yang kondisinya rusak di Cianjur sepanjang puluhan kilometer yang membentang mulai dari Kecamatan Cibeber sampai Sindangbarang.

"Seharusnya sudah tuntas dua tahun yang lalu, namun anggarannya dialihkan sehingga baru tahun ini kita perbaiki. Kami upayakan selesai tepat waktu, kalau kurang kita akan anggarkan kembali di tahun depan," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Jabar menggelontorkan dana Rp33,5 miliar untuk perbaikan jalan milik provinsi yang membentang di jalur selatan Cianjur. Jalan ini sempat dikeluhkan warga dari berbagai kalangan termasuk perhimpunan mahasiswa Cianjur selatan yang sempat melakukan aksi tanam pisang.

Perbaikan jalan tersebut menggunakan APBD murni Provinsi Jabar 2022, dengan tahapan pengerjaan yang dibagi menjadi empat ruas yaitu Cibeber, Cibeber-Sukanagara, Sukanagara dan Sukanagara-Sindangbarang sepanjang 28 kilometer.