Dinas Pariwisata Gencarkan Kuliner Khas Medan, Bobby Nasution Pesan Ini ke Pelaku UMKM
Wali Kota Medan Bobby Nasution beserta istri (tengah) melintasi stan festival kuliner 2022 di Medan, Ahad (24/7/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Dinas Pariwisata Kota Medan, Sumatera Utara, gencarkan promosi kuliner pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khas Medan guna mendongkrak ekonomi di tengah COVID-19 yang melandai.

"Setiap malam Sabtu (Jumat malam, red) kita adakan gebyar kreatif di dua kecamatan sekaligus secara bergiliran," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono dilansir ANTARA, Senin, 25 Juli.

Selain itu, lanjut dia, pada setiap Sabtu malam atau malam Minggu pihaknya menggelar beranda kreatif di halaman kantor Wali Kota Medan memberdayakan pelaku UMKM kuliner lokal.

Diketahui, beranda kreatif yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat mulai digelar pada Sabtu, 14 Mei 2022, dan gebyar kreatif di dua kecamatan pada Jumat, 24 Juni 2022, setelah status PPKM Kota Medan level 1.

"Kedua acara itu memberdayakan pelaku UMKM sektor ekonomi kreatif, termasuk kuliner sebagai salah satu sub sektor ekonomi kreatif di Kota Medan," ujarnya.

Agus menyebut festival kuliner 2022 Medan The Kitchen of Asia yang usai digelar pada pekan lalu merupakan rangkaian HUT Kota Medan ke-432.

Festival kuliner khas Kota Medan dan Asia digelar selama lima hari mulai 19-24 Juli 2022 membuat antusiasme warga mengunjungi ajang ini cukup tinggi dengan transaksi keuangan mencapai Rp605,77 juta lebih.

Ajang kuliner di Jalan Masjid Raya Al Mashun Medan ini diikuti 78 stan dan enam "food truck" terdiri atas "western" stan, Korea, Thailand, Japan, Malaysia, Taiwan, India, Singapura, Arab, dan nusantara 37 stan.

"Iya. Itu festival kuliner yang rutin setahun sekali dan pelaksanaannya dalam rangkaian HUT Kota Medan," terang Agus.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengharapkan festival kuliner ini dapat mengedukasi pelaku UMKM di bidang kuliner agar menjaga dagangannya tetap higienis dan layak konsumsi bagi para konsumen.

"Saya berharap festival kuliner ini tidak hanya menumbuhkan perekonomian, tapi juga mengedukasi pedagang agar menjaga higienis dan kebersihan," ujar Bobby ketika menutup festival kuliner 2022 di Jalan Masjid Raya Al Mashun Medan, Minggu, 24 Juli.