Pembatas Tribun JIS Roboh Saat <i>Grand Launching</i>, Anies: Semangatnya Lumayan Tinggi Tadi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam jumpa pers usai peresmian Jakarta International Stadium/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Robohnya pembatas tribun di Jakarta International Stadium (JIS) saat grand launching hari ini ditanggapi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies mengatakan hal ini disebabkan karena antusiasme warga terutama pendukung Persija atau The Jakmania.

"Pagar (roboh, red), saya rasa tadi semangatnya lumayan tinggi," kata Anies dalam konferensi pers di JIS, Jakarta Utara, Minggu, 24 Juli.

Dia tak mau bicara lebih lanjut soal robohnya pagar yang menyebabkan seorang The Jakmania tampak dibopong oleh petugas karena pingsan.

Anies mempersilakan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto untuk menjawab lebih lanjut. Tapi, dia mengatakan kejadian ini diharap dapat memberi pelajaran bagi banyak pihak.

"Jadi ini bagian dari proses belajar, yang namanya proses belajar itu bahkan ketemu dengan segala tantangan kalau analoginya ini growing pain," ungkap Anies.

"Growing pain itu (ibarat, red) gigi tumbuh. Kalau gigi tumbuh itu dokter tidak akan bilang itu penyakit tapi proses alami sebuah pertumbuhan sama seperti ini, sambungnya.

Sementara itu, Widi juga menyatakan hal serupa. Kata dia antusiasme dari The Jakmania membuat jebol pembatas tribun itu.

Tapi, PT Jakpro tak mempermasalahkan dan justru bangga karena semua bersemangat dan antusias dengan hadirnya stadion.

"Antusias Jakmania luar biasa. Kita bangga," tegasnya.

Nantinya, PT Jakpro akan menindaklanjuti jebolnya tembok tribun itu. Termasuk, memastikan lagi kekuatannya.

Diberitakan sebelumnya, pembatas tribun JIS tiba-tiba jebol di tengah acara grand launching hari ini. Satu orang kemudian dibopong masuk ke dalam setelah kejadian ini.

Dari pantauan VOI, Minggu, 24 Juli, kejadian ini terjadi di tribun utara JIS. Awalnya warga antusias menonton penampilan Dewa 19 Ft. Virzha.

Setelah selesai band ini membawakan lagu 'Kangen'. Suporter Persija di sisi kiri stadion itu tampak menyanyikan yel-yel dan tiba-tiba pembatas tribun yang sebelumnya sudah digantungi spanduk dukungan terhadap tim macan Kemayoran itu jebol.

Seorang warga yang duduk di pembatas itu kemudian ikut jatuh. Para petugas dari Satpol PP langsung membawanya ke arah dalam stadion.