Antisipasi Keterbatasan Lahan Parkir, Dishub DKI Jakarta Siapkan Lahan Khusus untuk Pengunjung yang Membawa Kendaraan Pribadi dan Umum
JIS/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA – Untuk mengantisipasi keterbatasan lahan parkir di dalam stadion pada saat peresmian Jakarta International Stadium (JIS), Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan sembilan kantung parkir.

"Di lokasi-lokasi parkir tersebut akan dilayani 50 unit shuttle bus sekolah menuju JIS dengan sistem wara-wiri," kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Chaidir, dikutip dari Antara, Sabtu, 23 Juli.

Dia menjelaskan, pelayanan shuttle bus sekolah itu diberikan gratis yang beroperasi mulai pukul 09.00- 23.00 WIB.

Chaidir menambahkan, untuk lokasi parkir bagi kendaraan VIP/VVIP/tamu undangan disediakan di dalam JIS. Sedangkan bagi kendaraan warga yang memiliki tiket menonton acara, disediakan sembilan lokasi parkir alternatif.

Sebanyak tujuh lokasi parkir berada di sekitar JIS, yang terletak di area Jalan Sunter Permai Raya, yakni di RSPI Sulianti Soeroso, parkir Rukan Nusantara, Universitas 17 Agustus, Graha YKI, D’Arcici Hotel, parkir ITF dan Ruko Sunter Nirwana.

Kemudian, ada dua lokasi parkir lain yakni Ancol Karnaval dan C3 yang berada di belakang rusun Bandar Kemayoran.

Untuk lokasi parkir di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel, Ruko Sunter Nirwana, Ancol Karnaval dan C3, titik penurunan penumpang shuttle bus di sisi barat JIS.

Ia menjelaskan, kendaraan yang parkir di lokasi-lokasi kantong parkir sekitar JIS diarahkan keluar menuju Selatan Sunter Permai Raya via Danau Sunter Utara. Di sisi lain, untuk kendaraan dinas operasional disediakan parkir di Taman BMW.

Kemudian, untuk kendaraan ojek daring disediakan titik penjemputan dan penurunan di halte sisi barat JIS.

Adapun, lalu lintas akses pengunjung menuju tujuh titik penjemputan lokasi shuttle bus adalah:

1. Dari arah Timur Jl Bisma Raya-Jl. Sunter Permai Raya-lokasi parkir Sunter Permai

2. Dari arah Timur melalui tol pelabuhan keluar Ancol lewat Kemayoran- Jl. Benyamin Suaeb-lokasi parkir C3 Kemayoran

3. Dari arah Barat melalui Tol Pelabuhan keluar Kemayoran-Jl. Benyamin Suaeb-Lokasi parkir C3 Kemayoran

4. Dari arah Selatan lewat Jl. Gunung Sahari-Jl. Lodan Raya-Jl. Benyamin Suaeb (lokasi parkir C3 Kemayoran) atau lurus jalan tol pelabuhan (lokasi parkir Ancol Karnaval).

Meski disediakan kantung parkir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengimbau agar warga menggunakan transportasi umum salah satunya TransJakarta karena kapasitas parkir yang disediakan terbatas.