Perisai Tauhid Jadi Logo Partai Ummat Besutan Amien Rais
Amien Rais dan Logo Partai Ummat (Foto: Tangkap layar YouTube Official Amien Rais)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Ummat akhirnya secara resmi meluncurkan logo mereka yang berbentuk perisai tauhid. Peluncuran ini dilakukan lewat sebuah video di akun YouTube milik Amien Rais.

"Setelah bermusyawarah panjang, kami akhirnya memutuskan bahwa logo Partai Ummat adalah perisai tauhid," kata Amien seperti dikutip dari video yang diunggah pada Selasa, 10 November.

Dilihat VOI, lambang partai ini di dominasi warna hitam sebagai dasar dan warna kuning untuk garis perisai, bintang, dan tulisan Partai Ummat. 

"Di dada burung garuda Pancasila bintang adalah simbol Ketuhanan Yang Maha Esa," ungkap mantan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Selanjutnya, dia menjelaskan, perisai tauhid dipilih karena mempunyai sejumlah makna. Pertama, supaya partai ini ke depan memberikan manfaat bagi bangsa selama berdiri.

Kedua, kata dia, kalimat tauhid merupakan kalimat pembebasan umat manusia dari belenggu penghambaan sesama manusia menjadi penyembahan kepada Allah semata. 

"Itulah sebabnya motto perjuangan Partai Ummat adalah melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," tegasnya.

Makna warna hitam yang dijadikan dasar bendera dan warna kuning sebagai tulisan serta gambar didasari oleh warna kain kiswah atau kain penutup Ka'bah.

Warna ini, kata Amien, memiliki makna sebagai pemancar kalimat tauhid yang harus mewarnai aspek kehidupan dan aktivitas manusia termasuk kehidupan berpolitik hingga kehidupan bernegara.

"Insyaallah, logo dan bendera Partai Ummat mengingatkan selalu para kader dan anggota Partai Ummat agar dalam bekerja dan berjuang hanya mencari ridho Ilahi bukan ridho manusia," pungkasnya.