Kemenkominfo Siapkan SDM untuk Bangun Wilayah 3T dengan Bela Negara
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (tengah) memberikan arahan kepada peserta bela negara di Pusdikhub Kodiklat AD, Kota Cimahi/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan membangun teknologi informasi di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dengan menggelar bela negara bagi para pegawainya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate mengatakan pegawai yang akan membangun wilayah 3T itu harus merupakan SDM yang andal sehingga bukan hanya paham soal teknologi, menurutnya para pegawai yang akan diterjunkan itu juga harus memiliki semangat patriotik.

"Untuk itu mereka dididik dan dilatih TNI AD, karena wilayah kerja Kominfo itu bersinggungan dengan wilayah 3T, itu termasuk operasi militer TNI," kata Johhny di Pusdikhub Kodiklat TNI AD, Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin 18 Juli.

Dikutip Antara, kegiatan bela negara itu diikuti oleh 60 pegawai dari berbagai direktorat pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti). Adapun kegiatan bela negara yang diikuti pegawai Bakti tersebut digelar mulai Senin ini, hingga 15 Agustus 2022.

Mereka bakal dilatih oleh anggota TNI dari Pusat Pendidikan Perhubungan (Pusdikhub) TNI AD. Selama satu bulan itu, para peserta bakal menerima materi seputar wawasan kebangsaan, kepemimpinan, kerjasama, dan materi-materi outdoor seperti kerja sama hingga survival.

Johhny menilai kondisi geografis di Indonesia, khususnya di wilayah 3T itu memiliki tantangan bagi pembangunan teknologi informasi. Maka SDM yang disiapkan untuk pembangunan tersebut, menurutnya harus kuat juga secara mental.

"Melihat tantangan geografi, topografi, keamanan, maka butuh SDM yang kuat dan daya tahan tubuh dan mental tinggi," kata dia.

Bela negara yang digelar oleh Kemenkominfo pada tahun 2022 ini merupakan yang keempat kalinya dilakukan, dan diikuti peserta paling banyak dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Tugas dari Bakti Kominfo bukan tugas yang ringan, memerlukan SDM yang kokoh, kuat, dan cerdas," kata dia.