Polda Jabar Kasih Perintah untuk Seluruh Polres: Siaga Hadapi Bencana
Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo

Bagikan:

JAKARTA - Polda Jawa Barat menginstruksikan kepada seluruh Polres agar bersiaga mengantisipasi adanya bencana terkait cuaca ekstrem.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan, kesiapsiagaan itu telah menjadi perhatian khusus Kepala Polda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Suntana.

"Sudah diperhatikan Bapak Kapolda. Beliau merespons dan mempersiapkan personel serta peralatan menghadapi cuaca yang rawan," kata Kombes Pol Ibrahim di Bandung, Jawa Barat, Sabtu 16 Juli.

Menurut dia, seluruh jajaran Polres pun diminta untuk memetakan wilayah-wilayah yang rawan terjadi bencana ketika cuaca ekstrem.

"Kemudian merespons semua kejadian banjir dengan menurunkan bantuan-bantuan baik untuk mengatasi bencananya maupun kemanusiaan. Itu perhatiannya," kata Ibrahim dikutip dari Antara.

Kini, menurut dia, personel dari Polda Jawa Barat telah diterjunkan ke Kabupaten Garut untuk mengatasi banjir. Adapun banjir di Kabupaten Garut itu melanda sebanyak delapan kecamatan akibat intensitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut sejak Jumat (15/7).

Banjir itu merendam sejumlah pemukiman masyarakat walau sejauh ini tidak ada korban yang tercatat akibat banjir.

"Kami turunkan personel, Brimob juga sudah turun," kata dia.