Minimalisir Semburan Api di Rest Area KM86 B Cipali, Pagar Spandex Dipasang
Rest area semburan api (Antara/HO-Humas Polda Jabar)

Bagikan:

JAKARTA - Astra Tol Cipali masih terus mengupayakan pemadaman api di rest area KM 86 B ruas tol Cipali, hingga saat ini. Semburan api yang terjadi di rest area KM 86 B sejak kemarin siang tersebut dipastikan bukan berasal dari galian sumur bor baru.

"Kami tidak pernah melakukan penggalian sumur bor baru di rest area 86 B Tol Cipali. Semburan api ini berasal dari sumur bor eksisting yang memang biasa digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari di rest area 86B," kata Direktur Operasional Astra Tol Cipali Agung Prasetyo melalui siaran persnya, Kamis, 27 April.

Adapun untuk melokalisir area yang terdampak semburan api, Astra Tol Cipali telah memasang pagar perisai spandex mengelilingi area foodcourt sepanjang 156 meter.

"Sejak semalam, kami lakukan pemasangan pagar perisai spandex di lokasi semburan api dengan jarak 4-5 meter dari lokasi terdekat sumber api," ujar Agung.

Agung mengatakan, hal tersebut dilakukan pihaknya atas hasil koordinasi dengan Polres Subang, Polda Jabar, Damkar, BPBD, dan Pertamina.

"Jika diperlukan, kami juga akan mencari tenaga ahli terkait dengan pemadaman ini yang tentunya sesuai dengan hasil koordinasi dan rekomendasi pihak-pihak terkait," ucapnya.

Sebelumnya, kata Agung, pihaknya juga telah melakukan pemasangan pipa penyambung sebagai upaya meningkatkan kapasitas pompa submersible untuk meningkatkan layanan rest area KM 86 B. "Dalam kejadian ini juga tidak ada ledakan yang muncul," ungkapnya.

Astra Tol Cipali juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergi yang terjalin dari seluruh pihak, di antaranya Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran Subang, Polres Subang, Polda Jabar, dan Pertamina.