LMS Tunjuk PDSI Jadi Kontraktor Tangani Semburan Api di Rest Area Tol Cipali
Semburan api (foto:dok antara ho badan geologi)

Bagikan:

JAKARTA - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) berencana untuk menunjuk PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PT PDSI) sebagai kontraktor dalam penyediaan jasa dan peralatan, serta perlengkapan dan personel untuk penanganan dan penutupan sumur artesis di rest area KM 86. 

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pemadaman semburan api yang sudah memasuki hari ke-9 di rest area KM 86 arah Jakarta di Ruas Tol Cipali.

"Rapat koordinasi terkait dengan semburan api ini akan terus dilaksanakan sampai solusi dari semburan api di rest area ini bisa tertangani dengan baik. Dalam rapat koordinasi kali ini, Pertamina EP akan membantu pelaksanaan asistensi teknis pekerjaan yang dibutuhkan," kata Direktur Operasi PT Lintas Marga Sedaya Agung Prasetyo kepada media, Jumat, 5 Mei.

Agung menambahkan, pihaknya akan terus berupaya mencari solusi penanganan sesuai dengan rekomendasi dari pihak-pihak yang kompeten. "Diharapkan, fenomena gas alam ini dapat segera tertangani dan kondisi rest area dapat kembali beraktivitas dengan normal," imbuhnya.

Sebelumnya, Astra Tol Cipali bersama dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran Subang, dan Kepolisian wilayah tengah melakukan pengamanan terhadap lokasi semburan api di rest area KM 86 arah Jakarta di Ruas Tol Cipali.

Semburan api yang berasal dari lokasi sumur bor yang berada di rest area KM 86 B Tol Cipali ini terjadi pada pagi tadi, sekitar pukul 08:32 WIB.

"Saat ini, kami sedang melakukan observasi terhadap semburan api yang keluar di lokasi tersebut," kata Direktur Operasional Astra Tol Cipali Agung Prasetyo dalam keterangan persnya, Rabu, 26 April.

Astra Tol Cipali selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh semburan api di lokasi rest area KM 86 B tersebut.

Sebagai bentuk tanggung jawab serta upaya penanganan keamanan dan keselamatan bagi pemilik tenant, pengunjung dan masyarakat sekitar di lokasi rest area KM 86 B, Astra Tol Cipali melakukan penutupan sementara rest area.