Persembunyian 'Narco of Narcos' Gembong Narkoba Meksiko Terbongkar Berkat Ketajaman Endusan Max
Foto via Twitter @MarthaBalandra

Bagikan:

JAKARTA - Rafael Caro Quintero, seorang gembong narkoba yang dikenal sebagai “narco of narcos” ditangkap pasukan militer Meksiko hampir satu dekade setelah keluar dari penjara. Caro Quintero ditangkap setelah seekor anjing pencari bernama Max menemukan bersembunyi di semak-semak di kota San Simon di negara bagian Sinaloa.

Rafael Caro Quintero adalah sosok di balik pembunuhan seorang agen penegak narkoba AS pada tahun 1985. Persembunyiannya di kota San Simon di negara bagian Sinaloa, terbongkar berkat idung Max.

Situs itu berada di pegunungan dekat perbatasan Sinaloa dengan negara bagian perbatasan utara Chihuahua.

Catatan penangkapan nasional Meksiko mencatat waktu penangkapan Caro Quintero sekitar tengah hari. Ada dua perintah penangkapan yang tertunda untuknya serta permintaan ekstradisi dari pemerintah AS.

Marinir menahan gembong narkoba Joaquín Guzmán, alias El Chapo, di Mexico City pada tahun 2014

Bintang film Sean Penn, gembong narkoba El Chapo dan serangan laut yang gagal

Potongan video yang sangat pendek dirilis oleh militer Meksiko menggambarkan Caro Quintero – wajahnya buram – mengenakan celana jins, kemeja biru basah kuyup, dan jaket longgar. Kedua lengannya dipegang pria yang mengenakan seragam kamuflase dan membawa senapan serbu.

Sebuah helikopter Angkatan Laut Blackhawk yang membawa 15 orang jatuh di dekat kota pesisir Los Mochis pada saat yang sama, menewaskan 14 orang di dalamnya, kata pernyataan angkatan laut. Informasi yang tersedia menunjukkan itu mengalami "kecelakaan," yang penyebabnya belum ditentukan, kata pernyataan itu .

Penangkapan itu terjadi beberapa hari setelah Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador bertemu dengan Joe Biden di Gedung Putih.

“Ini sangat besar,” kata penasihat senior Gedung Putih Amerika Latin Juan Gonzalez di Twitter.

Mike Vigil, mantan kepala operasi internasional DEA, mengatakan: "Ini mungkin salah satu tangkapan paling penting dalam dekade terakhir dalam hal pentingnya DEA."

Sebelum penangkapan Caro Quintero yang dilaporkan pada hari Jumat, pemerintah AS menawarkan hadiah hingga $ 20 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Caro Quintero, yang tahun lalu kalah dalam banding terakhir terhadap ekstradisi ke Amerika Serikat, akan diekstradisi secepat mungkin, kata pejabat Meksiko lainnya.

Sementara Caro Quintero yang berusia 69 tahun tidak lagi dianggap sebagai pemain utama dalam perdagangan narkoba internasional, dampak simbolis dari penangkapannya kemungkinan besar akan signifikan di kedua sisi perbatasan.