Setelah Kabur dari Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa Dikabarkan Menuju Singapura
Photo by Swapnil Bapat on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa diperkirakan akan menuju ke Singapura setelah melarikan diri ke Maladewa pada Rabu dini hari. Sumber pemerintah di Sri Lanka mengatakan kepada Reuters.

Sumber tersebut, yang menolak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut, mengatakan Rajapaksa akan mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada ketua parlemen Sri Lanka setelah mendarat di Singapura, Rabu 13 Juli.

Presiden Gotabaya Rajapaksa meninggalkan Sri Lanka subuh-subuh naik pesawat militer AU. Gotabaya Rajapaksa padahal sudah berniat mundur akibat demo besar-besaran.

Rajapaksa berangkat dengan pesawat Angkatan Udara ke Maladewa sekitar pukul 2 pagi waktu setempat, kata Kolonel Nalin Herath, juru bicara kementerian pertahanan Sri Lanka. Tiga pejabat imigrasi, yang menolak disebutkan namanya karena situasi politik, membenarkan kepergiannya juga seperti dikutip dari The New York Times, Rabu 13 Juni.

Rajapaksa rencananya akan mengundurkan diri di tengah protes yang meluas atas langkah penanganannya terhadap krisis ekonomi yang menghancurkan Sri Lanka.

Rajapaksa, istri dan dua pengawalnya pergi dengan pesawat Angkatan Udara Sri Lanka.

Seorang sumber pemerintah mengatakan Rajapaksa berangkat ke Male, ibu kota Maladewa. Presiden Sri Lanka itu kemungkinan besar akan melanjutkan perjalanan ke negara Asia lainnya dari sana, kata sumber itu.

Sri Langka mengalami krisis ekonomi terburuk dalam sejarahnya. Diperburuk oleh salah urus dan salah langkah pemerintah.