Ada Resepsi Pernikahan Anak Anggota DPRD Fraksi Gerindra, Camat Minta Warga Tak Lewat Jalan Depan Setu Babakan
Spanduk dari anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Purwanto (Istimewa/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Purwanto akan menggelar resepsi pernikahan anaknya pada Sabtu, 16 Juli 2022 di Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Rencananya, resepsi pernikahan ini akan dihadiri ribuan tamu undangan. Camat Jagakarsa Santoso pun sampai turun tangan. Santoso membuat surat edaran ke Lurah Srengseng Sawah untuk meminta warga menghindari Jalan RM. Kahfi II yang terletak di depan Setu Babakan mulai pukul 08.00 sampai 24.00 WIB Sabtu nanti.

"Benar, saya keluarkan surat edaran atau imbauan terkait dengan ada rencana kegiatan dari warga kami, yang beliau sudah sampaikan bahwa yang akan diundang jumlahnya banyak ribuan. Mengingat kondisi tersebut, saya imbau warga kami, yang melintasi jalan tersebut, apabila terganggu, menggunakan jalur lain," kata Santoso saat dihubungi, Rabu, 13 Juli.

Santoso menjelaskan, imbauan yang ia keluarkan bertujuan untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang diakibatkan dari gelar resepsi anak Purwanto.

Namun, Santoso mengaku dirinya tidak memiliki wewenang untuk menutup Jalan RM. Kahfi II. Sebab, pihak yang berwenang untuk melakukan rekayasa jalan adalah Dinas Perhubungan.

"Saya mengingatkan, kalau nantinya perihal ada penutupan jalan dan lain-lain, itu bukan kewenangan saya sebagai camat, itu kewenangannya ada di Dishub dan Kepolisian," ucap dia.

Sejauh ini, Santoso mengklaim belum ada ungkapan keberatan dari warga sekitar. Namun, ia memaklumi jika nantinya ada masyarakat yang merasa disulitkan dengan adanya acara ini.

"Sampai dengan saat ini saya belum ada konfirmasi keberatan warga, tapi kalau warga ada yang keberatan menurut saya sah-sah aja, tinggal segala sesuatunya kan memang ada yg bisa setuju ada yang gak setuju, gak bisa paksa semua setuju," ucap Santoso.

Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Purwanto turut buka suara atas pemberitahuan ini. Purwanto menegaskan dirinya tidak ingin ada penutupan jalan di sekitar lokasi resepsi pernikahan anaknya.

"Untuk menghindari potensi hambatan tersebut, warga bisa mengambil alternatif lain. Lalu dalam pelaksanaan acara nanti, kami sudah koordinasi dengan Dishub, kita sepakat, dan saya juga tidak mau ada penutupan jalan," ujar Purwanto.

Purwanto pun turut memasang puluhan spanduk yang berisi imbauan kepada warga untuk menghindari Jalan RM Kahfi II dan disebarkan di sejumlah titik di Keluarahan Srengseng Sawah.

"Kami sudah melakukan preventif dengan melakukan imbauan kepada warga melalui banner yang kami sebar di 20 titik supaya diantisipasi oleh warga bahwa kegiatan tersebut akan menimbulkan potensi macet dan gangguan aktivitas. Sehingga, mereka bisa dengan sangat sadar merencanakan perjalanannya di hari tersebut melalui jalan yang mana," imbuhnya.