Burger King Ingin Pelanggan Beli McDonald's Dinilai Hanya Bentuk Cari Muka dari Pemain Kecil ke Pemain Besar
Restoran Burger King. (Foto: Twitter @BurgerKing_ID)

Bagikan:

JAKARTA - Dua hari lalu, atau tepatnya Selasa 3 November, Burger King Indonesia mengunggah di akun Instagram mereka yang diberi judul "Pesanlah dari McDonald's". Dalam unggahannya itu, Burger King meminta masyarakat untuk memesan makanan dari gerai restoran lainnya seprti KFC, Pizza Hut dan lainnya. Namun mengapa yang mereka tekankan dan dipasang sebagai judul adalah McDonald's?

Yuswohady, Pengamat Pemasaran dan Managing Partner Inventure mengatakan, hal yang dilakukan Burger King Indonesia adalah bentuk dari strategi marketing di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia. Namun di sisi lain, ia mensinyalir ada intrik di dalamnya, di mana Burger King hanya ingin "mencari muka" dengan postingannya tersebut.

"Mengapa mencari muka? Karena secara pangsa pasar, Burger King jauh di bawah McDonald's yang punya pasar jauh lebih besar," ujar Yuswohady kepada VOI, Kamis 5 November.

Burger King Indonesia menurutnya, berupaya melakukan strategi merendah untuk menaikkan mutu. Dalam hal ini, Burger King berharap dapat menemukan peluang untuk memperbesar brand-nya dari unggahan yang viral di jagat media sosial tersebut.

"Istilahnya, pemain kecil menembak pemain besar. Dan McD paham betul akan hal itu, sehingga mereka tak terlalu menanggapi. Sesuatu yang viral biasanya hanya bertahan sementara," tegasnya.

Namun menurut Yuswohady, pengaruh dari unggahan Burger King ini tidak berpengaruh terhadap penjualan mereka. Menurutnya, ini lebih berpengaruh kepada reputasi brand dari Burger King.

Meski demikian, Yuswohady mengakui, bahwa unggahan Burger King Indonesia ini membuat McDonald's kecolongan dalam hal kreativitas di tengah pandemi. Sebagai sesama pemain di sektor food and beverages (FnB), apa yang dilakukan Burger King Indonesia dinilai cerdas.

"Di tengah situasi pandemi, di mana orang-orang memang sangat interest dengan segala bentuk tindakan empati, nah di situlah Burger King Indonesia masuk. Di situ McD kecolongan," ujar Yuswohady.

Sebagaimana diketahui, dalam unggahan di akun Instagram @burgerking.id yang diberi judul Pesanlah dari McDonald's, perusahaan tersebut meminta masyarakat untuk memesan makanan dari McDonald's, Flip Burger, Carl's Jr, Wendy's, Klenger Burger, KFC, CFC, Domino's Pizza, Pizza Hut, dan lainnya hingga Warung Tegal (Warteg).

"Tidak pernah terpikirkan oleh kami untuk meminta Anda melakukan ini, tapi semua restoran yang memiliki beribu karyawan membutuhkan pertolongan Anda saat ini," demikian yang tertulis di unggahan yang diunggah pada Selasa malam, 3 November.

Di sisi lain, Burger King Indonesia berpesan jika masyarakat ingin membantu, maka dapat memesan makanan melalui pesan antar, takeaway, dan drive-thru.

"Menikmati Whopper (produk Burger King) pilihan yang terbaik, namun memesan Big Mac (produk McDonald's) juga tidak ada salahnya," tulis mereka.

Ternyata, ajakan serupa juga dilakukan oleh Burger King di Inggris. Saran tidak biasa di antara pesaing bisnis restoran ini dikicau langsung oleh Burger King di Inggris pada Senin, 2 November. Namun, kampanye versi Burger King Inggris daftar restorannya tidak variatif dibanding Indonesia. Meski begitu, Burger King menyebut KFC, Subway dan Domino's Pizza, serta jaringan lainnya.

"Kami tidak pernah berpikir kami akan meminta Anda melakukan ini, tetapi restoran yang mempekerjakan ribuan staf benar-benar membutuhkan dukungan Anda saat ini," tulis Burger King UK dalam akun sosial media Instagram perusahaan.