Helikopter BPBD Dikerahkan Padamkan Kebakaran Lahan di Riau
Arsip Foto. Helikopter BNPB disiagakan untuk mendukung upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Riau. (ANTARA/HO-BPBD Riau).

Bagikan:

PEKANBARU - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal mengatakan helikopter sudah dikerahkan untuk mendukung upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa bagian wilayah Riau.

"Kami sudah turunkan satu helikopter water bombing (pengeboman air) ke Rokan Hilir untuk mengatasi kebakaran di sana, sedangkan untuk (menangani) kebakaran di Rokan Hulu siang ini kami turunkan helikopter ke sana, sebab saat ini helikopter water bombing yang satu lagi sedang dalam perbaikan," katanya di Pekanbaru dilansir ANTARA, Senin, 11 Juli.

"Kebakaran di Dumai sudah padam, tinggal pendinginan," katanya menambahkan.

Sebanyak 94 titik panas indikasi kebakaran hutan dan lahan terpantau di Kabupaten Kampar, Kota Dumai, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Rokan Hulu.

Menurut dia, titik panas paling banyak tersebar di wilayah Rokan Hilir (68) dan Rokan Hulu (19).

Selain itu, dia mengatakan, titik api pada Senin terpantau di wilayah Rokan Hilir (4), Rokan Hulu (2), dan Dumai (1).

Di Kabupaten Rokan Hilir, titik api terpantau di Desa Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko; Desa Teluk Nilai, Kecamatan Kubu; Desa Lenggadai Hulu, Kecamatan Rimbo Melintang; dan Desa Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi.

Titik api juga terpantau di Desa Sialang Jaya dan Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu serta Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.