Khagendra Thapa Magar, Pria Terpendek di Dunia itu Tutup Usia
Khagendra Thapa Magar, pemegang rekor pria terpendek di dunia (Instagram @Guinnessworldrecord)

Bagikan:

JAKARTA - Khagendra Thapa Magar, pemegang rekor pria terpendek di dunia meninggal dunia. Pria asal Nepal itu meninggal di usia 27 tahun.

Melansir dari Independent.uk, Khagendra memegang rekor dunia sebagai pria terpendek di dunia dengan tinggi sekitar 67,08 sentimeter. Ia meninggal setelah berulang kali masuk rumah sakit karena pneumonia.

"Dia masuk dan keluar rumah sakit karena pneumonia. Tetapi kali ini organ hatinya juga terpengaruh. Dia meninggal hari ini," kata saudaranya, Mahesh Thapa Magar.

Khagendra dilahirkan pada 14 Oktober 1992 di distrik Baglung, Nepal. Ia merupakan putra tertua dari Roop Bahadur dan Dhan Maya. 

Dikutip dari laman resmi Guinness World Record, Magar pertama kali dinyatakan sebagai pria terpendek di dunia pada 2010 setelah ulang tahunnya yang ke-18. Sebelum dikalahkan oleh pria Nepal lainnya, Chandra Bahadur Dangi dari Nepal, yang berukuran 54,6 centimeter.

Setelah Dangi meninggal pada tahun 2015, Khagendra kembali menerima gelar pria terpendek di dunia yang bisa berjalan itu. 

"Dia sangat kecil ketika dia lahir sehingga dia bisa muat di telapak tanganmu, dan sangat sulit untuk memandikannya karena dia sangat kecil," kata ayahnya, Roop Bahadur, menurut Guinness World Records.

Berkat gelarnya itu, Khagendra juga menjadi Duta Pariwisata Nepal. Di mana dengan postur tubuhnya, Khagendra bisa melakukan perjalanan ke Eropa dan Amerika Serikat untuk tampil di televisi. 

"Kami sangat sedih mendengar berita dari Nepal bahwa Khagendra tidak lagi bersama kami," kata Craig Glenday, pemimpin redaksi Guinness World Records.

"Hidup bisa menjadi tantangan ketika berat badan Anda hanya 6 kilogram dan Anda tidak cocok dengan dunia yang dibangun untuk orang kebanyakan. Tapi Khagendra tentu saja tidak membiarkan ukurannya yang kecil menghentikannya untuk mendapatkan yang terbaik dari kehidupan," lanjutnya.

Dengan meninggalnya Khagendra, maka Edward Hernandez dari Kolombia akan didapuk menjadi manusia terpendek di dunia yang bisa berjalan dengan tinggi 70,21 sentimeter. Sementara untuk titel pria terpendek di dunia yang tidak dapat berjalan dipegang oleh Junrey Balawing dari Filipina dengan ukuran tubuh 59,93 sentimeter.