Polda Kerahkan 560 Personel Amankan Pelantikan Penjabat Gubernur Aceh Mayjen (Purn) Achmad Marzuki
Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Winardy. ANTARA/M Haris SA

Bagikan:

BANDA ACEH - Polda Aceh bakal mengerahkan sekitar 560 personel untuk mengamankan pelantikan penjabat Gubernur Aceh dalam sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh.

"Penjabat Gubernur Aceh akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian di gedung DPR Aceh di Banda Aceh pada Rabu (6/7)," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy di Banda Aceh dikutip Antara, Selasa, 5 Juli.

Penjabat Gubernur Aceh akan ditempati Mayjen TNI (Purnawirawan) Achmad Marzuki.Pelantikan Penjabat Gubernur Aceh menyusul berakhirnya masa jabatan Gubernur Aceh periode 2017-2022. Penjabat Gubernur yang dilantik mengisi kekosongan jabatan kepala daerah tingkat provinsi tersebut hingga pelantikan gubernur terpilih pada Pilkada 2024.

Ratusan personel Polri tersebut dikerahkan untuk memastikan keamanan selama rangkaian pelantikan Penjabat Gubernur Aceh.

"Ratusan personel tersebut ditempatkan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Pengamanan dilakukan secara terbuka maupun tertutup," kata Kombes Winardy.

Pengamanan dilakukan pada setiap rangkaian kegiatan, dengan pengamanan VVIP, sejak kedatangan Menteri Dalam Negeri hingga pelantikan Penjabat Gubernur Aceh selesai.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan di jalur-jalur yang dilewati pejabat. Kemudian pengamanan lokasi, termasuk sterilisasi serta pintua pemeriksaan keamanan di Gedung DPR Aceh.

"Polda Aceh akan maksimalkan pengamanan selama pelantikan Penjabat Gubernur berlangsung. Polda Aceh juga menggelar apel pasukan untuk memastikan kesiapan pengamanan sehari sebelum pelantikan," kata Winardy.