PMI Jaksel Semprot 2 Kandang Sapi di Jonggol Cegah PMK Jelang Hari Raya
Mobil disinfectan PMI Jaksel/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Palang Merah Indonesia Jakarta Selatan (PMI Jaksel) melakukan penyemprotan disinfektan terhadap hewan kurban untuk mencegah penyakit kuku dan mulut (PMK) di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.

"Kalau semprot untuk hewan sudah ada di kandang sapi Jonggol di bawah koordinasi kementerian. Kebetulan Jaksel dapat tugas di Jonggol," kata Ketua PMI Jaksel Abdul Haris, mengutip Antara, Selasa, 5 Juli.

Kegiatan yang dilakukan di kawasan Jonggol pada Senin, 3 Juli tersebut melakukan penyemprotan di dua kandang tempat penampungan hewan kurban.

Adapun hewan ternak di kawasan tersebut mendapat perawatan dengan mengecek kesehatan dan disuntik oleh dokter hewan.

Ia mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan PMI Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pertanian dalam kegiatan tersebut.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan untuk kandang hewan kurban, PMI Jaksel juga melakukan penyemprotan disinfektan untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Kalau kita kemarin sama Dinas Kesehatan untuk penyemprotan disinfektan COVID," katanya.

Sebelumnya, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan memberikan vaksin PMK kepada ratusan hewan kurban yang masuk ke wilayahnya.

"Iya, sudah diberi. Sekitar seratus ekor," kata Kasudin KPKP Jakarta Selatan Hasudungan A. Sidabalok saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Senin (4/7).