Survei Poltracking: Elektabilitas Machfud Arifin-Mujiaman 51,7 Persen, Eri Cahyadi-Armuji 34,1 Persen
Machfud Arifin-Mujiaman (DOK. ISTIMEWA)

Bagikan:

SURABAYA - Tingkat keterpilihan (elektabilitas) pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman 51,7 persen. Sedangkan paslon Eri Cahyadi-Armuji sebesar 34,1 persen.

Hasil ini tergambar dalam survei Poltracking Indonesia untuk. Pilkada Surabaya. Sementara itu ada 5 persen responden yang merahasiakan pilihannya dan 9,2 persen responden belum menentukan pilihan.

Peneliti Poltracking Indonesia, Masduri, mengatakan dari hasil survei juga menunjukkan elektabilitas Machfud Arifin 51,9 persen, unggul dari Eri Cahyadi 34,3 persen. Sementara calon wakil wali kota Surabaya Mujiaman punya elektabilitas 47,5 persen, unggul dari Armuji dengan elektabilitas 30,7 persen.

Sedangkan berdasarkan kelompok gender/jenis kelamin, paslon Machfud-Mujiaman unggul signifikan di pemilih laki-laki 49,1 persen, maupun pemilih perempuan 48,2 persen. Selanjutnya kategori tingkat pendidikan pemilih, Machfud-Mujiaman unggul pada semua jenjang pendidikan pemilih, mulai dari tidak lulus SD sampai dengan pemilih lulusan S1 40 persen dan Eri-Armudji 52,3 persen.

"Ternyata paslon nomor urut dua ini (Machfud-Mujiaman) juga banyak disukai pemilih milenial usia 22-30 tahun sebesar 52,3 persen, lalu usia 31-40 tahun juga unggul 53,0 persen. Sedangkan pemilih Generasi Z (22 Tahun) cenderung berimbang antara kedua pasangan," ujar Masduri.

Survei Poltracking di Pilkada Surabaya ini dilakukan sejak tanggal 19-23 Oktober dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1,200 responden menjangkau 31 kecamatan se- Surabaya. Margin of error sekitar 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.