Polisi Amankan Pria yang Letuskan Senjata Saat Pelantikan Kades di Deli Serdang, Tak Jadi Tersangka
FOTO DOK KEPOLISIAN

Bagikan:

MEDAN - Video rekaman pengendara mobil menembakkan senjata apinya ke udara viral di media sosial. Aksi koboi itu, dilakukan pengendara mobil tersebut saat pelantikan kepala desa (Kades) di Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Video tersebut mulanya memperlihatkan situasi masyarakat yang berkumpul. Kemudian, beberapa mobil berkonvoi masuk ke lokasi pelantikan. 

Namun tiba-tiba, seorang pengendara mobil mengeluarkan senjatanya dan menembakkan beberapa kali ke udara. 

Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol M Agustiawan mengatakan, peristiwa itu terjadi Jumat 20 Mei sore saat pelantikan Kades Cinta Damai, Kecamatan Percut Sei Tuan. 

Kompol Agustiawan menjelaskan, pihaknya telah mengamankan dan memeriksa seorang pria berinisial PS yang diduga pemilik senjata air soft gun, Minggu 3 Juli, malam. 

"Dari hasil pemeriksaan PS mengaku bahwa saat meletuskan senjatanya ke udara karena spontan atas kemenangan Kades Cinta Damai," kata Kompol Agustiawan saat dikonfirmasi VOI, Senin, 4 Juli.

Dari hasil pemeriksaan, katanya, PS telah memiliki izin atas kepemilikan senjata tersebut. Selain itu, PS juga tidak ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi meski telah menembakkan senjatanya ke udara di hadapan banyak orang. 

"Tidak tersangka, karena tidak melukai dan itu bukan senjata api, tapi airsoft gun. Jadi dia hanya menjalani pemeriksaan saja karena ini kalau biasa saya sebut kasus menonjol," ucapnya. 

Dalam pemeriksaan terhadap PS, polisi melakukan koordinasi dengan pengelola yang mengeluarkan izin airsoft gun. Khususnya, terkait mekanisme penggunaan airsoft gun dan izin yang dikeluarkan.

"PS mengatakan bahwa senjata air soft gun yang dimilikinya berhubungan karena ia punya usaha rumah makan dan sering keluar dinihari untuk belanja bahan-bahan," ucapnya. 

"Saat ini, senjata air soft gun tersebut telah diamankan. Yang bersangkutan juga masih diperiksa beserta saksi-saksi yang mengetahui peristiwa tersebut,” kata dia.