Jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata
Jenazah Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata Jakarta Selatan/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Umum (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan.

Tjahjo Kumolo meninggal di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat sekitar pukul 11.10 WIB.

Berdasarkan pantauan VOI, jenazah Tjahjo tiba di liang lahat sekitar pukul 17.25 WIB. Peti jenazahnya tampak menggunakan bendera Merah Putih. Bertindak sebagai inspektur upacara, Mensesneg Pratikno

"Saya Praktikno Mensesneg, atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan kepada ibu pertiwi jiwa raga Tjahjo Kumolo, MenPAN-RB yang telah meninggal dunia demi kepentingan serta keluhuran bangsa pada 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo karena sakit. Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua," kata Pratikno.

Sejumlah pelayat hadir seperti di TMPNU Kalibata untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Tjahjo. Mereka yang terlihat adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga; Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Selain itu, hadir juga Mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita; Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto; dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemudian hadir juga Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat.

Jenazah Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata Jakarta Selatan/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Sementara itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak hadir. Kata anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDIP Deddy Sitorus, Presiden ke-5 RI itu akan mengikuti acara secara daring.

"Saya belum konfirmasi dari sekretariat. Tapi ada zoom jadi kemungkinan besar Ibu Megawati (mengikuti, red) dengan zoom," kata Deddy kepada wartawan di TMPNU Kalibata, Jakarta.

Deddy juga mengatakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tak hadir karena masih berada di Yogyakarta untuk menjalankan kegiatan partai.

Sebelum dimakamkan, jenazah disemayamkan di rumah dinas menteri, kompleks Widya Chandra. Kemudian jenazahnya disalatkan di masjid Quba yang berada di kantor Kemenpan-RB.